Basarnas Perkuat Operasi SAR – FAJAR Sultra
News

Basarnas Perkuat Operasi SAR

♦ Libatkan Lintas Instansi

KENDARI – Menjadi terdepan dalam meksanakan operasi SAR dalam menangani musibah pelayaran maupun penerbangan termasuk di wilayah daratan, Basarnas Kendari merangkul semua instansi terkait.

Diantaranya yaitu TNI, Polri, serta pemerintah daerah di Sultra, tidak lupa kalangan mahasiswa serta berbagai pihak terkait lainnya. Upaya itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sekaligus membina maupun mengembangkan potensi sebagai terdepan, dalam menangani musibah baik di darat, laut, dan udara.

Direktur Bina Ketenagakerjaan dan Permasyarakatan SAR Basarnas pusat, Agus Sokarno SH MH dan Kepala Basarnas Kendari, Amiruddin saat meninjau peralatan SAR Kendari.

“Menangani musibah pada prinsipnya diperluakan pembinaan dan kerjasama dengan TNI, Polri, Pemda dan relawan yang ada,” kata Direktur Bina Ketenagakerjaan dan Permsyarakatan Sar Basarnas Pusat Agus Sokarno SH MH, Senin (28/11).

Menurut Agus, terlaksananya operasi SAR dengan baik dan sukses tidak kalah penting jika didukung dengan sarana dan prasarana yang lengkap. Agus juga mengakui bahwa saat ini banyak kendala yang dihadapi oleh SAR Kendari terutama terkait dengan sarana dan prasarana.

Namun ia berjanji mengupayakan semaksimal mungkin agar Basarnas Kendari memiliki perlengkapan saat menghadapi musibah atau bencana alam lainnya secara tiba-tiba.

“Penambahan operasional atau sarana dan parasarana atau alat kita upayakan tetap ada, namun harus ada perpmintaan melalui di pusat umpamanya kalau ada penambahan kita tambah diseuiakan dengan anggaran yang ada saat ini,” tuturnya.

Agus mengakui kondisi perairan Sultra sangatlah luas sehingga musibah laut rentan terjadi. Untuk menghadapi itu diperlukan sinergitas insan SAR guna mendukung kegiatan operasi sar yang cepat handal dan aman diwilayah sultra.

Peningkatan operasi SAR bersama dengan instansi itu bertujuan untuk menghadapi musibah laut menjelang pelasnaan hari raya natal dan tahun baru 2017 mendatang.

“Untuk agenda tahunan dari sabang sampai merauke kita sudah kerahkan semua, semua harus stenbay membantu apabila diperlukan masayarakat. Kita harus menangani semua musibah karena disini sering terjadi musibah air cukup banyak maka kita tekankan Rescue SAR membantu pertolongan di air, udara dan darat,” tegasnya. (p2/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top