Masyarakat Diharapkan Patuhi Waktu Membuangan Sampah – FAJAR Sultra
News

Masyarakat Diharapkan Patuhi Waktu Membuangan Sampah

KENDARI – Dinas Kebersihan Kota Kendari berharap kepada masyarakat, untuk tetap mematuhi aturan pemerintah Kota Kendari terkait jadwal pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Imbauan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kebersihan Kota Kendari, Ir Hj Tin Farida ini, bertujuan agar sampah khususnya yang berasal dari rumah tangga, bisa terkontrol dan tidak terlihat penumpukan sepanjang hari.

Kegiatan kebersihan, mulai dari daratan, pantai, kali, sungai, hingga saluran-saluran air di sekitar pemukiman penduduk.

“Kalau sepanjang hari ada sampah, itu sangat tidak baik terlihat,” ungkapnya.

Dalam peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2008 tentang pelayanan penganggkutan sampah, bukan hanya pelaku usaha yang dikenakan retribusi sampah, tetapi juga termasuk perumahan masyarakat, sarana umum dan perkantoran serta jadwal yang telah ditetapkan untuk membuang sampah.

“Kita sudah tegaskan melalui Perda, agar masyarakat membuang sampah dari pukul 6 sore hingga pukul 6 pagi. Untuk di siang hari tidak diperbolehkan membuang sampah,” jelasnya.

Mengenai besaran retribusi sampah, Pemkot Kendari sudah membuat klasifikasi. Untuk rumah tangga di luar jalan poros Rp 1.500/RT, dan untuk di jalan poros Rp2 ribu/RT.

Bagi usaha perhotel berbintang retribusi Rp 500 ribu/bulan, hotel kelas Melati Rp 125 ribu/bulan. Sedangkan untuk rumah makan Rp 25 ribu/bulan, restoran Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu/bulan.

Untuk pertokoan misalnya toko Rp 25 ribu/bulan, Ruko Rp 50 ribu/bulan dan swalayan Rp 100 ribu/bulan. “Retrebusi juga sudah ditetapkan dan biayanya saya rasa cukup terjangkau,” ungkapnya.

Tin Farida sangat berharap agar masyarakat dapat mematuhi aturan perda tersebut. Sehingga kota kendari dapat menjadi Kota bersih dan bebas sampah, sekaligus mewujudkan visi misi kota Kendari, salah satunya menjadikan Kota Kendari menjadi Kota Layak Huni. (p13/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top