Pemkot Lanjutkan Program Multi Years – FAJAR Sultra
News

Pemkot Lanjutkan Program Multi Years

♦ Sediakan Anggaran Ratusan M

KENDARI – Program pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Kendari membutuhkan dana yang besar, sehingga membutuhkan kreativitas untuk menjalankan program itu.

Sistem Kontrak tahun jamak merupakan salah satu langkah pemerintah untuk membangun tanpa utang yang dilakukan Pemerintah Kota Kendari. Olehnya pada tahun 2017, program multi years tetap dilanjutkan dengan menyediakan anggaran ratusan miliar.

Salah satu program multiyears yakni jalan lingkar luar, yang menghubungkan wilayah Puuwatu dengan perbatasan Kendari-Konawe Selatan hingga Abeli Dalam, Senin (28/11). Pemerintah Kota Kendari sejak tahun 2014 mulai membuka jalur jalan lingkar luar di wilayah-wilayah perbatasan dengan Kota Kendari, dengan tujuan untuk memperluas dan mempermudah akses transportasi yang ada.

Menurut Wali Kota Kendari, Dr Ir H Asrun MEng Sc, pembangunan infrastruktur masih sangat dibutuhkan di Kota Kendari, namun keinginan untuk membangun itu terkadang terkendala oleh anggaran yang terbatas.

Ia mengaku agar pembangunan tetap berjalan dengan anggaran terbatas, sehingga program pembangunan yang membutuhkan anggaran besar dikerjakan selama beberapa tahun namun seluruh anggarannya sudah disetujui oleh DPRD saat pembahasan APBD.

“Anggaran seluruhnya sudah disetujui DPRD, dan setiap tahun dianggarkan dalam APBD sehingga kita optimis semua berjalan sesuai waktu yang ditentukan,” ungkapnya.

Doktor Alumni Brawijaya ini menambahkan, saat ini program pembangunan dengan sistem kontrak tahun jamak masih terus berjalan, tahun 2017 ini beberapa program akan dirampungkan, seperti Gedung DPRD dan pengaspalan beberapa ruas jalan.

“Pasar sentral Wuawua telah diresmikan. Kalau gedung DPRD saya harap bisa tuntas pembangunan fisiknya tahun ini, tetapi kemungkinan hingga awal 2017, kemudian interiornya kita programkan lagi, mudah-mudahan walikota baru nantinya akan dilantik di kantor baru” katanya.

Diperiode kedua pemerintahannya, Wali Kota Kendari membutuhkan dana lebih dari Rp 500 miliar untuk membiayai program yang dikerjakan dengan sistem tahun jamak.

Pembangunan gedung DPRD kota Kendari membutuhkan dana sebesar Rp 55,8 miliar, Pembangunan RSUD Kendari membutuhkan anggaran sebesar Rp51,9 miliar, pelebaran dan pengaspalan jalan rumah sakit jiwa-pekuburan membutuhkan anggaran sebesar Rp 24,2 miliar. (put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top