PNS Berulah Saat Upacara, Nur Alam Kesal – FAJAR Sultra
News

PNS Berulah Saat Upacara, Nur Alam Kesal

Gub-Sultra-1-300x214

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI- Peringatan HUT Korps Aparatur Sipil Negara (KASN) ke-45 diwarnai insiden yang tidak terpuji.

Saat itu tiba tiba Gubernur Sultra, H Nur Alam yang juga mantan Ketua DPW PAN Sultra meminta pihak protokoler menghentikan upacara, karena ia kesal dan tak tahan melihat gelagat sejumlah peserta upacara yang berjalan mondar-mandir saat upacara tengah berlangsung. Ulah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berseliweran seenaknya dianggapnya seakan tidak menghargai para pembina kepegawaian yang hadir.

“Maaf tolong hentikan sebentar. Coba rapikan barisan. Kami dan jajaran pembinaan kepegawaian ini bukan patung. Kalau mau main-main bukan disini tempatnya. Kok, seenaknya saja bolak-balik. Kalau mau jatuh, jatuh saja disitu atau jangan ikut upacara sekaligus. Saya merasa semakin hari tingkat kedisiplinan pegawai mulai menurun. Makanya, perlu ada evaluasi,” tandas Nur Alam, Selasa (29/11).

Selama berstatus aparatur pemerintah kata mantan Wakil Ketua DPRD Sultra ini, PNS harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Bila merasa tidak sanggup, ia mempersilahkan untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri. Dengan senang hati, pemerintah akan memprosesnya. Menurutnya, PNS yang tidak bisa diatur sudah sepatutnya dipensiunkan.

“Kalau tidak sanggup upacara serahkan surat permohonannya supaya kita pensiunkan sekarang. Ini, kita tengah upacara jalan ke sana-kesini. Saya minta hal ini menjadi catatan. Kok, semakin hari makin berulah,” kata Nur Alam.

Bukan hanya itu pihak protokoler juga kena tegur, pasalnya ada beberapa sesi dari rangkaian upacara yang dianggapnya kurang tepat misalnya peserta upacara harus diistrahatkan namun kenyataannya tidak. Adapula sesi penyerahan penghargaan PNS teladan yang menurutnya seharusnya dilakukan diakhir acara.

Sayangnya, beberapa peringatan gubernur seperti angin lalu. Baru beberapa menit berlalu, peserta upacara kembali berulah. Saat memasuki sesi menyanyikan lagu-lagu nasional, banyak PNS yang meninggalkan upacara. Melihat ulah pegawai, Kepala Badan Satpol PP dan Linmas Sultra, Bustam AS menginstruksikan personilnya memanggil kembali pegawai yang keluar barisan.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Lukman Abunawas mengaku kecewa. Makanya, ia telah meminta personil satpol mencatat kembali daftar absensi pegawai. Pasalnya, ada sejumlah pegawai yang telah lebih dulu pulang. Sementara pelaksanaan upacara belum berakhir, itu juga sebagai catatan untuk pemberian sanksi bagi PNS berulah itu. (mal)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top