Dewan Setuju UN Dihilangkan – Hacked by TryDee
News

Dewan Setuju UN Dihilangkan

KENDARI – Wacana penghapusan UN yang diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajjir Efendi baru-baru ini, mendapat dukungan penuh dari DPRD Provinsi Sultra.

“Wacana ini sudah beredar sejak empat tahun yang lalu, dan kita di DPRD Sultra setuju UN dihilangkan,” tegas Ketua Komisi IV DPRD Sultra Yaudu Salam Ajo kemarin.

Yaudu Salam Ajo

Menurutnya, selama ini UN hanya menjadi momok bagi siswa dalam menjalankan tugas sebagai pelajar, sementara sangat tidak berimbang antara lamanya menempuh sekolah selama tiga tahun, ditentukan tiga hari.

Alasan lain, karena berkaitan dengan sarana dan prasarana sekolah yang tersebar di Sultra, yang hingga kini masih belum memadai, untuk disejajarkan dengan sekolah-sekolah yang ada di Jakarta.

“Kita juga, sudah pernah koordinasi dengan para ahli-ahli pendidikan terkait dengan efektivitas pelaksanaan UN, hasilnya cenderung tidak usah ada UN,” terangnya.

Ia melanjutkan, kesan yang ada selama UN dilaksanakan setiap tahunnya, itu lebih dominan pada sisi negatifnya dimana banyak dari kalangan siswa yang trauma dan depresi.

Sehingga, banyak dari generasi yang lebih memilih untuk tidak bersekolah, dengan dalih capeknya sekolah sampai tiga tahun tapi ujung-ujungnya tidak lolos juga.

“Inilah yang menjadi pertimbangan dan sebuah kekhawatiran tersendiri bagi kami di dewan. Bisa dilaksanakan UN, tetapi benahi dulu sarana dan prasarana di semua sekolah sampai pelosok-pelosok desak, agar ada kesa disamaratakan,” serunya.

Olehnya itu, pihaknya berharap pemerintah pusat sekiranya dapat menghilangkan program UN tersebut, dengan lebih fokus pada peningkatan kualitas serta pengembangan sarana prasarana yang lebih baik lagi disemua sekolah, hingga kepelosok-pelosok desa yang ada di Indonesia utamanya di Sultra. (p8/b/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top