Identifikasi Kendaraan Anda, Cukup Download Aplikasi RC – FAJAR Sultra
News

Identifikasi Kendaraan Anda, Cukup Download Aplikasi RC

RC-Polda-Sultra

KENDARI – Direktorat Lalu Lintas Polda Sultra kini meluncurkan aplikasi kendaraan bermotor, guna meningkatkan dan memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dalam berlalu lintas.

Bertempat di RTMC Dit Lantas Polda, Kapolda Sultra Brigjend Pol Agung Sabar Santoso me-launching aplikasi Regident Centre (RC) Polda Sultra. Aplikasi berbasis android Regident centre (RC) ini diproyeksikan untuk menunjang dan meningkatkan pelayanan publik, sesuai promoter Kapolri dan instruksi Presiden Joko Widodo.

Kapolda Sultra, Dirlantas Polda, Pemda Sultra dan Dispendag Sultra serta Jasa Raharja, saat melaunching aplikasi Regident Centre (RC) Dirt Lantas Polda Sultra.

Acara tersebut dihadiri dan disaksikan langsung Perwakilan Pemprov Sultra, Dispenda Provinsi, Jasa Raharja, unsur terkait serta pejabat utama Polda Sultra.

Kepala Kepolisian Polda Sultra Brigjend Pol Agung Sabar Santoso mengapresiasi aplikasi RC yang telah diluncurkan Dirt Lantas Polda. “Dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat diperlukan terobosan-terobosan baru. Yang mudah dimengerti dan diakses orang banyak,” kata Agung.

Jenderal polisi berbintang satu itu jua mengharapkan aplikasi ini dapat membantu masyarakat, dalam hal kepengurusan surat-surat kendaraan bermotor dan berbagai informasi dalam berlalu lintas.

Namun ia juga mengingatkan kepada anggotanya atau manajemen pengendali aplikasi, agar mengawal, menjaga dan menggunakannya dengan baik.

“Pemerintahan yang bersih, tidak hanya dinilai dari kinerja petugasnya tapi sistemnya juga. Aplikasi harus didukung dengan jaringan, namun jaringan yang ada di Sultra dinilai masih kurang. Jangan hanya isi luarnya yang bagus dalamnya juga harus lengkap. Yang mengawal aplikasi ini juga harus profesional,” tutur Agung.

Direktur Lalu lintas Polda Sultra Kombes Pol Rudi Antariksawan mengungkapkan, aplikasi RC Polda Sultra dapat dimiliki secara gratis terutama para pemilik atau pengguna Android.

“Cukup download gratis melalui HP android, ada di Aplikasi Playstore ada tertulis RC Polda Sultra. Silahkan instal,” kata Rudi.

Banyak kemudahan yang ditawarkan pada aplikasi RC ini, terutama mengenai informasi atau identitas kendaraan bermotor, pajak kendaraan bermotor, mekanisme pembuatan SIM, proses pelayanan BPKB, memuat tentang keluhan masyarakat serta berbagai prosedur pelayanan Kepolisian.

“Kalau mau beli motor tidak perlu takut kalau itu ilegal. Cukup tulis dan masukan nomor rangka kendaraan anda di dalam satu menu yang ada pada aplikasi ini. Disitu akan diketahui langsung identitas kendaraan dan pajak kendaraan bermotor anda,” jelasnya.

Selain itu, aplikasi ini dapat memudahkan kinerja penyidik dalam melaksanakan serangkaian proses penyelidikan terkait kasus, terutama kasus-kasus yang berhubungan langsung dengan tindak pidana Curanmor, kemacetan , kecelakaan berlalu lintas, dan lain-lainnya.

“Jadi dengan aplikasi ini bisa mendeteksi peredaran kendaraan ilegal, serta dapat membantu proses penyelidikan dalam kejahatan seperti curanmor dan lain lain. Tilang online juga ada disitu,” tambahnya.

Aplikasi ini juga diluncurkan untuk mengurangi praktek-praktek ilegal atau calo ole Anggota Polisi utamanya Polisi Lalu Lintas.

Menurut Rudi, RC Polda Sultra dapat diaplikasikan ke masyarakat berkat kerjasama antara instansi Kepolisian, Dispenda Provinsi Sultra dan Jasa Raharja. Dan pelayanan itu akan terus dikembangkan agar mudah diakses masyarakat banyak. (p2/b/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top