Enam WNA Bervisa Kunjungan Dideportasi – Hacked by TryDee
News

Enam WNA Bervisa Kunjungan Dideportasi

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI- Pengawasan dan Penindakan (Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas I Kendari segera memulangkan enam warga negara asing (WNA) asal Tiongkok. Mereka adalah Chen Yulin, Zhou Lifen, Liu Yunping, Haung Qinshui, Shen Xinbao dan Li Xinglie. Pendeportasian pemegang visa kunjungan namun melakukan aktivitas pengukuran lokasi tambang tersebut dilakukan karena terbukti melanggar undang-undang keimigrasian.

Kepala Seksi Wasdakim Imigrasi Kelas I Kendari, Harmans J. Takasiliang melalui Kasubsi Wasdakim, Ruspian Efendi menjelaskan, pihaknya telah melakukan penyelidikan lebih lanjut pada WNA yang diamankan di Desa Morombo, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara beberapa hari lalu itu.

“Kedatangan mereka disponsori PT Hamjun, salah satu perusahaan asal Tiongkok. Meskipun sponsornya jelas, tetapi kami tetap amankan karena mereka menggunakan visa kunjungan, untuk melakukan pekerjaan dan itu menyalahi aturan. Kami terus akan melakukan pengawasan terhadap orang asing yang tidak patuh dengan peraturan keimigrasian,” tegasnya, Kamis (1/12).

Keenam WNA melanggar undang-undang keimigrasian pada pasal 122 tentang penyalahgunaan izin atau dokumen perjalanan. Diagendakan, Jumat (2/12) hari ini, mereka akan dideportasi melalui Bandara Halu Oleo dengan menggunakan Maskapai Penerbangan Lion Air pada pukul 10.30 Wita. “Akan kami kawal sampai tiba di negara mereka,” tuturnya.

Untuk diketahui pihak Imigrasi Kendari sebelumnya mendapatkan informasi dari masyarakat tentang keberadaan warga Tiongkok tersebut di Konawe Utara. Mereka sedang berada pada sebuah rumah warga setempat yang disewa. (b/kmr)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top