Pembebasan Lahan Dilanjutkan Pemerintah Pusat – Fajar Sultra
News

Pembebasan Lahan Dilanjutkan Pemerintah Pusat

♦ Terkait Pembangunan Jembatan Teluk Kendari

KENDARI – Pembebasan lahan pembangunan Jembatan Bateramas Teluk Kendari, hingga kini belum rampung. Baik itu tahap pertama, terlebih tahap kedua yang terkena imbas pembangunan mega proyek multi years dari pemerintah pusat itu.

Pasalnya, yang jadi kendala bukan lagi pemilik lahan yang tidak mau tinggalkan bagunannya, tetapi kondisi keuangan Pemprov Sultra tidak memungkinkan lagi. Sehingga, diserahkan ke pemerintah pusat. Berarti anggaran pembebasan lahan melalui APBN.

Kepala Biro Pemerintahan, Ali Akbar yakin jika pembebasan lahan pembangunan jembatan yang dimulai pada 19 September 2016 lalu itu akan rampung tahun ini. Apalagi, menurutnya pembebasan lahan tinggal beberapa ruko saja yang belum tuntas.

“Kita sudah bicarakan dengan pusat supaya membantu, terkait pembebasan lahan itu. Dan mereka menyanggupi dan akan membantu penyelesaiannya. Makanya kita yakin akhir tahun ini bisa selesai,” ujar Pj Bupati Buton Tengah itu.

Untuk pembebasan tahap satu, disisi Kota Lama masih ada empat ruko yang belum menerima anggaran pembebasan lahan disebabkan tidak ada anggaran. Sementara disisi lapulu masih ada satu, yang berada disisi laut.

Apalagi, Gubernur Sultra sudah mewanti-wanti agar pembebasan lahan jadi prioritas yang perlu dipikirkan. Dimana pembebasan lahan pembangunan mega proyek dengan anggaran Rp 800 miliar itu, sangat penting dalam mendukung kelanjaran pekerjaan infrastruktur.

Walapun, pekerjaan infrasturktur dilaut berupa tiang pancang telah terpasang semua. Dari pilon atau tiang pancang utama penyangga jembatan yang berada ditengah telah tuntas ditancapkan. Setidaknya dari satu tiang jembatan diisi sekitar 16 tiang pancang. (r3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top