Tensi Pilkada Memanas – FAJAR Sultra
News

Tensi Pilkada Memanas

La-Ode-Andi-Muna-768x1024

LAWORO – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Muna Barat mengidentifikasi tensi politik menjelang puncak pemungutan suara Pilkada Muna Barat 15 Februari 2017 mendatang meningkat tajam. Ini terjadi hampir di seluruh wilayah Muna Barat.

Kepala Kesbangpol Mubar La Ode Andimuna mengatakan situasi Mubar dalam siaga satu. “Awal terbentuknya Muna Barat dan sebelum Pilkada digaungkan, Muna Barat merupakan daerah aman bahkan paling aman di Sulawesi Tenggara. Namun begitu masuk pesta demokrasi suhunya sedikit memanas,” ujar Andimuna, Kamis (1/12).

La Ode Andi Muna

Naiknya suhu politik Pilkada Mubar kata Andimuna karena adanya kampanye yang mengangkat isu SARA dan membangun kebencian yang seharusnya tidak boleh dilakukan.

“Makanya, kami rapat bersama TNI, Polisi, dan Kejaksaan, membicarakan bagaimana bisa mencegah agar masyarakat tidak sampai terprovokasi dengan isu-isu tadi. Supaya masyarakat bisa menjaga stabilitas keamanan. Artinya politik ini kita hadapi, tetapi tidak mengabaikan keamanan,” harapnya.

Berdasarkan kejadian di lapangan selama proses kampanye pasangan calon berlangsung, sejumlah kasus kriminal mulai bermunculan. Mulai dari perkelahian antarkelompok, pemukulan hingga penikaman. Menurut Andimuna hal ini terjadi karena ketidaksiapan masyarakat dalam menghadapi politik serta belum dewasanya masyarakat Muna Barat dalam berpolitik.

“Seharusnya politik ini adalah pesta. Untuk kesenangan yang harus dinikmati bersama-sama. Bukan memunculkan kebencian,” sesama masyarakat,” ujarnya.

Untuk meredam konflik politik yang terjadi, Andimuna bilang seharusnya Kesbangpol sejak awal memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Namun hal tersebut tidak dapat dilakukan karena keterbatasan anggaran. “Namun dengan keterbatasan yang ada, kita tetap akan upayakan untuk turun ke masyarakat yang kita anggap paling rawan untuk memberikan pemahaman-pemahaman tentang Pilkada Damai,” tutupnya. (p1/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top