3.482 Kendaraan Terjaring Operasi Zebra – FAJAR Sultra
News

3.482 Kendaraan Terjaring Operasi Zebra

KENDARI – Operasi Zebra tahun 2016 resmi berakhir. Selama 14 hari operasi, Jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sultra telah melakukan penindakan terhadap 3.482 pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Menurut Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sultra Kombes Pol Rudi Antariksawan, kebanyakan pelanggaran lalu lintas didominasi para pengendara roda dua yang belum tertib dalam berlalu lintas.

Operasi gabungan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sultra bersama TNI dan Dishub saat membagikan bunga kepada pengguna kendaraan bermotor, dalam pelaksanaan operasi zebra, bertempat di depan Kantor Wali Kota Kendari. Selain membagikan bunga, Ditlantas Polda Sultra juga membagikan brosur dan memberikan imbauan kepada pengguna kendaraan bermotor agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

“Berfariasi pelanggaranannya ada yang tidak menggunakan helm, melawan arus, pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, dan tidak dilengkapi dokumen atau surat-surat kendaraan,” kata Rudi.

Sebanyak 3.482 pelanggaran tersebut, diantaranya 3.319 pelanggar terkena tilang dan 163 sangsi teguran. Rudi menambahkan pola operasi ini dititikberatkan penegakan hukum pelanggaran lalu lintas secara kasat mata dan berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Sementara selama berlangsungnya operasi Zebra pada tahun 2015 sebanyak 5.575 pelanggaran berhasil dijaring. “Jadi tahun ini jumlah pelanggaran menurun sekitar 50 persen,” tutur Rudi.

Pada tahun ini kata Rudi pola penindakan terhadap para pelanggar dengan mobile sistem atau hunting sistem. Tidak hanya menetap di jalan atau melakukan razia, akan tetapi pihaknya juga melakukan patroli.

Lanjut Rudi, sama sperti tahun sebelumnya pekerja swasta masih mendominasi sebagai pelanggar lalu lintas, menyusul kemudian pelajar serta mahasiswa. “Kedepan untuk meminimalisir pelanggaran yang banyak dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa pihaknya berencana akan melakukan kerjasama dan sosialisasi kepada sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Sementara itu selama berlangsungnya operasi Zebra tingkat kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan dibandingkan tahun 2015 sebanyak 34 kasus, 10 orang meninggal dunia, 13 luka berat dan 24 mengalami luka ringan . Untuk Tahun 2016 ini sebanyak 31 kejadian enam orang diantaranya meninggal dunia, delapan orang luka berat dan sebanyak 33 orang luka ringan.

Operasi zebra yang dilaksanakan Ditlantas Polda Sultra ini merupakan cipta kondisi untuk operasi berikutnya yaitu operasi lilin menjelang natal dan tahun baru. (*/b)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top