Blangko Habis Lagi – FAJAR Sultra
News

Blangko Habis Lagi

*7000 Warga Belum Miliki e-KTP

KOLAKA – Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kolaka, I Nyoman Suastika mengatakan, sekitar 7.000 lebih warga Kolaka yang telah melakukan perekaman hingga saat ini tak kunjung memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Hal itu disebabkan karena blanko e-KTP telah habis.

Ia menegaskan, habisnya blanko e-KTP di Kantor Disdukcapil tidak hanya terjadi di Kolaka, namun berlaku secara nasional. Dengan demikian, sejumlah warga yang telah mengurus e-KTP belum dapat memilikinya dan harus sabar menunggu hingga awal tahun 2017 mendatang.

“Kita perkirakan blanko itu baru ada pada Maret 2017. Akan tetapi, warga yang telah mengurus e-KTP namun belum memilikinya, untuk sementara ini dapat menggunakan surat keterangan dan biodata penduduk untuk mengurus keperluan administrasinya,” katanya.

Pantauan di Kantor Disdukcapil Kolaka, sejak beberapa hari terakhir, kantor tersebut terlihat sepi. Puluhan bahkan ratusan warga yang biasanya mengantri untuk mengurus administrasi kependudukan di instansi itu tidak sepadat jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Kendati demikian, warga yang wajib memiliki KTP namun belum memilikinya diminta untuk tetap mengurus e-KTP dengan melakukan perekaman. Perekaman tidak hanya dilakukan di Kantor Disdukcapil, tetapi juga dapat dilakukan di tiga kantor kecamatan yang memiliki alat perekaman.

“Walaupun blangko e-KTP habis bukan berarti pengurusannya terhenti, pengurusan e-KTP tetap berjalan seperti biasanya. Karena itu kami mengimbau kepada warga yang sudah wajib mempunyai e-KTP namun belum memilikinya untuk segera melakukan perekaman dan itu bisa juga dilakukan di Kantor Camat Latambaga, Pomalaa, dan Tanggetada. Meskipun ia bukan merupakan warga di kecamatan itu, petugas akan tetap melayani,” tutupnya. (RST)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top