Cuaca Tak Menentu, Hujan dan Gelombang Tinggi Jadi Perhatian – FAJAR Sultra
News

Cuaca Tak Menentu, Hujan dan Gelombang Tinggi Jadi Perhatian

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI- Hujan diprediksi akan mengguyur sebagian besar wilayah Sultra pada akhir pekan ini. Sirkulasi siklonik yang terjadi di Selat Malaka memicu kelembaban udara basah di atas wilayah atmosfir. Siklonik yang mencapai level 925/850 hPa menyebabkan konvergensi.

Kondisi ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan. Bukan hanya di Sultra, namun sebagian besar wilayah Indonesia.

Berdasarkan prediksi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi hujan lebat terjadi di Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka Timur dan Kendari.

Cuaca kurang bersahabat ini diperkirakan akan terjadi hingga tanggal 4 Desember. “Hujan hari ini (kemarin), disebabkan adanya belokan angin di atas atmosfir. Hal ini dipicu badai siklon di perairan Sumatera. Cuaca ini diprediksi akan bertahan hingga hari Minggu. Dengan potensi hujan sedang hingga lebat,” kata Aris Yunatas, Kasie Observasi dan Informasi Kantor Stasiun Metereologi Maritim Kendari, Jumat (2/12).

Kondisi tersebut merupakan hal yang wajar. Pasalnya, beberapa wilayah di Sultra memang telah memasuki musim penghujanan, selain itu ketinggian gelombang hingga diperkirakan bakal mencapai 2,5 meter. Terutama perairan menuju Wakatobi, Buton Utara dan Manui. Makanya, ia mengimbau armada pelayaran maupun aktivitas nelayan untuk waspada. (c/mal)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top