Harus Menang – FAJAR Sultra
News

Harus Menang

JAKARTA – Laga sengit akan tersaji saat Timnas Indonesia menjamu Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (3/12).

Hal ini dilatarbelakangi catatan pertemuan Timnas Indonesia saat bersua Vietnam pada dua laga uji coba terakhir. Kala itu, Tim Merah Putih bermain imbang 2-2 dan takluk 2-3 dari tim yang diarsiteki, Nguyen Huu Thang.

Pada pertemuan pertama, tim asuhan Alfred Riedl yang bermain di kandang sendiri, Stadion Maguwoharjo, Sleman, harus tertinggal lebih dahulu 0-2.

Namun, Timnas Indonesia yang tak mau malu di hadapan pendukung sendiri berhasil menyamakan skor yang bertahan hingga akhir pertandingan melalui kaki, Zulham Zamrun dan Irfan Bachdim.

Sedangkan pada pertemuan kedua, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam 2-3 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, 8 November 2016. Gol-gol dari Boaz Solossa dan Irfan tidak mampu menyelamatkan Timnas Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, pasukan Alfred Riedl harus mampu meraih kemenangan agar jadi modal di leg kedua semifinal Piala AFF 2016 saat bertandang ke Vietnam.

Menelisik rekor pertemuan kedua tim, Tim Merah Putih terbilang sukses di 20 pertandingan terakhir menghadapi Vietnam. Garuda sukses mencatat tujuh kemenangan, delapan hasil imbang, dan lima kali kalah.

Namun tentu itu bukanlah ukuran. Vietnam terbilang cukup memukau di Piala AFF 2016. Di penyisihan grup, Vietnam mampu memetik kemenangan dari semua lawannya.

Pertemuan terakhir keduanya tercatat saat laga uji coba sebelum Piala AFF. Vietnam terbilang sukses setelah menahan imbang Indonesia 2-2 di Sleman dan menang 3-2 saat bermain di Vietnam.

The Golden Star, julukan timnas Vietnam juga tengah dalam ambisi mengakhiri kutukan semifinal Piala AFF. Tim ini tercatat tiga kali juara grup namun selalu kandas untuk sampai ke partai final.

Sementara itu, Boaz Solossa diharapkan mampu memberikan pesta bagi publik yang akan memadati Stadion Pakansari. Namun, hal ini tentu saja bukan tugas yang mudah. Pasalnya, Indonesia tidak bisa turun dengan kekuatan terbaiknya, terutama di lini belakang.

Fachruddin Aryanto dan Yanto Basna yang selama ini selalu menjadi andalan, bahkan sejak laga uji coba, dipastikan absen. Akan menjadi tugas berat bagi Alfred Riedl untuk memutuskan siapa yang akan menggantikannya. Begitu juga pemain yang akan dipilih oleh Riedl.

Duet Manahati Lestusen dan Gunawan Dwi Cahyo dijagokan untuk mengawal pertahanan Indonesia. Kedua pemain ini punya pengalaman yang bagus di laga internasional di level umur. Manahati dan Gunawan pernah bermain di timnas U-23. Namun, keduanya belum pernah tampil di Piala AFF 2016 ini.

Sementara lini belakang yang bermasalah, di lini tengah dan depan Indonesia sudah memiliki komposisi yang bagus. Boaz Salossa akan tetap menjadi andalan. Ia akan mendapatkan sokongan dari Andik Vermansah, Rizki Pora dan Stefano Lilipaly dari lini kedua.

Kubu Vietnam juga mengalami masalah yang sama dengan Indonesia. The Golden Star tidak bisa menurunkan bek senior andalannya, Truong Dinh Luat. Pemain berusia 33 tahun ini mengalami akumulasi kartu merah.

Sementara itu, kapten Le Cong Vinh masih akan menjadi andalan di lini tengah. Pemain yang pernah membela klub Consadole Sapporo ini akan berduet dengan Nguyen van Quyet yang punya akselerasi yang bagus dari sisi sayap.

Laga Semifinal Piala AFF 2016 akan digelar dengan sistem home-away. Jadi laga leg pertama ini harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh Boaz Solossa dan kawan-kawan sebelum berlaga di leg kedua yang akan digelar di markas Vietnam.

Meski tidak akan diperkuat Fachruddin dan Yanto Basna, Indonesia harus bisa mengatasinya. Apalagi antusiasme publik pada timnas sedang tinggi. Para suporter akan mendatangi Stadion Pakansari untuk memberikan dukungan langsung. (bol/bn)

Indonesia : Kurnia Meiga; Fachrudin Aryanto, Rudolof Yanto Basna, Abduh Lestaluhu, Beny Wahyudi, Bayu Pradana, Evan Dimas, Rizki Pora, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah, Boaz Solossa.
Pelatih : Alfred Riedl.

Vietnam : Tran Nguyen Manh; Vu Van Thanh, Hoang Thien Le, Tran Dinh Hoang, Ding Dong Tran, Truong Dinh Luat; Huy Hung Nguyen, Van Toan Nguyen, Ngo Hoang Thinh; Nguyen, Le Cong Vinh.
Pelatih : Nguyen Huu Thang.

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top