SDN 1 Baruga Jawara Festival Drumband – Fajar Sultra
News

SDN 1 Baruga Jawara Festival Drumband

KENDARI – Prestasi terbaru kembali diukir Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Baruga. Grup drumband sekolah yang dipimpin Hj Djasni MPd ini menjadi jawara atau juara I dalam Festival Drumband se-Kota Kendari yang digelar dalam kegiatan Hari Guru Nasional di Kendari, baru-baru ini.

Saat ditemui di sekolah, Drumband Gita Ananda Suara Meriri milik SDN 1 Baruga masih terus melakukan latihan sebagai bagian aktivitas rutin para anggota drumband dalam memantapkan keterampilan memainkan alat musik.

Atraksi Drumband Gita Ananda Suara Meriri SDN 1 Baruga dalam Festival Drumband.

Kepala SDN 1 Baruga, Hj Djasni, mengaku bangga dengan prestasi siswa-siswinya yang mampu memukau juri dengan atraksi dalam Festival Drumband meski mereka masih usia anak-anak.

“Saya sangat bangga dan bersyukur latihan rutin yang selama ini dilakukan anak-anak (anggota drumband, red), mendapatkan pengakuan dengan meraih prestasi ini. Ini sebuah pencapaian baru untuk Drumband Gita Ananda Suara Meriri,” ungkapnya.

Tak dapat dipungkiri, kata Djasni, selama ini para anggota drumband telah memaksimalkan latihan. Bahkan terjadwal dalam kegiatan ekstrakurikuler, latihan pada Selasa dan Kamis.

“Bahkan saat akan mengikuti kompetisi, intensitas latihan ditingkatkan jadi empat kali dalam seminggu,” tutur istri Kepala Biro Humas Setprov Sultra ini.

Dia mengaku, drumband milik SDN 1 Baruga memiliki kekhasan yakni dikolaborasikan dengan alat musik tadisional. Sehingga, menurut Djasni, salah satu penambah poin dalam festival lalu adalah dihadirkannya musik tradisional dalam atraksi Gita Ananda Suara Meriri.

Kata dia, banyak nilai yang diperoleh murid yang mengikuti drumband. Di antaranya, nilai music skill atau keterampilan musik. Para anggota diberikan pemahaman dan ketrampilan bermain musik baik secara teori maupun praktek, melalui proses latihan yang sistematis dan kontinyu.

Lalu juga mengasah kepercayaan diri murid. Karena seringnya penampilan unit drumband para anggota akan mendapatkan kepercayaan diri yang kelak akan sangat bermanfaat bagi kehidupan pribadinya untuk menghadapi segala tantangan dan hambatan dalam hidupnya.

Termasuk kemampuan kerja sama tim, sebab drumband bukanlah kegiatan perorangan, melainkan kegiatan kelompok yang besar.

Dalam lomba rangkaian Hari Guru Nasional lalu, tak hanya mengalahkan rival-rivalnya SD di Kota Kendari dalam Festival Drumband, perwakilan SDN 1 Baruga juga meraih juara 3 di ajang lomba Dongeng. (rst)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top