Tingkat Kesadaran Berlalulintas di Konsel Masih Lemah – Fajar Sultra
News

Tingkat Kesadaran Berlalulintas di Konsel Masih Lemah

KOLAKAPOS, Andoolo–Satuan Lalu Lintas (Sat-Lantas) Polres Konsel, perihatin tingkat kesadaran masyarakat dan pelajar dalam berlalu lintas di Kabupaten Konsel masih sangat kurang. Meski sudah sering dilakukan sosialisasi dan penyuluhan di Sekolah-sekolah.
Kasat Lantas Polres Konsel Iptu Kunto Sri Haryono melalui Kaurbin Orps Sat Lantas Ipda Y. Yoyo S.Ip menungkapkan, untuk menekan tingkat kecelakaan ditingkat pelajar.pihaknya rutin melakukan penyuluhan di setiap sekolah di Konsel.
“Dalam penyuluhan tersebut kami banyak mengajarkan tentang etika dalam berlalu lintas, dan itu rutin kami lakukan apa lagi itu merupakan program Kapolri terkait dengan pembinaan kepada anak sekolah terutama anak dibawa umur,” jelasnya.
Kemudian lanjut dia kepada pelajar yang sering berjalan kaki, pihaknya sudah memberikan himbauan agar pada saat berjalan kaki agar tidak mengambil badan jalan melainkan harus ditepi.
“Kurangnya kesadaran pelajar ini, kami terus melakukan upaya penyuluhan selain itu, kami juga koordinasi dengan guru di sekolah agar dalam memberikan pembinaan bukan saja menjadi tugas Polisi. Melainkan semua stake holder yang wajib terlibat didalamnya demi keselamatan dalam berkendara,” terangnya.
Lebih lanjut dikatakannya memang tidak sedikit pelajar yang sadar akan berlalu lintas, namun akan lebih baik lagi jika banyak yang sadar. Sehingga angka kecelakaan Lalu Lintas bisa berkurang.
“Pelanggaran yang banyak terjadi tidak menggunakan helem, atribut motor tidak lengkap mulai dari lampu hingga plat DT nya. Seperti yang 11 orang anak SMA kemarin, kami dapatkan tidak menggunakan helem, untuk langkah awal mereka kami beri pembinaan. Namun jika masih kami dapatkan tentu mereka akan kami tilang,” tegasnya.
Yoyo berharap kedepan, khususnya Dikmas Lantas Pokres Konsel tidak akan menyerah dengan kurangnya tingkat kesadaran masyarakat dan pelajar. Melainkan pihaknya akan lebih memaksimalkan lagi penyuluhan dimasyarakat dan pelajar. (k5/b/hen)

Kolaka Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top