Wow… Sekitar 5.782 Warga Kolaka ‘Nganggur’ – FAJAR Sultra
News

Wow… Sekitar 5.782 Warga Kolaka ‘Nganggur’

download-8-300x166

KENDARIPOS.CO.ID KOLAKA- Pembukaan peluang kerja merupakan salah satu program Pemda Kolaka. Untuk itu, setiap tahunnya Pemda setempat selalu berupaya menciptakan peluang kerja. Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kolaka, di tahun 2016 terdapat 5.782 warga Kolaka yang terdiri dari berbagai tingkat pendidikan sedang mencari kerja.

“Berdasarkan data yang kami miliki, tercatat 5.782 warga Kolaka yang sedang mencari kerja yang terdiri dari 2.811 laki-laki dan 2.871 perempuan. Dimana dari banyaknya pencari kerja itu, lebih dari 50 persen berijazah SMA,” ungkap Laode Rahmat, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kolaka saat ditemui di ruang kerjanya Kamis, (1/12) kemarin.

Rahmat menuturkan, untuk meminimalisir jumlah pengangguran di Kolaka, pihaknya mengadakan berbagai program di tahun 2016 ini. Dimana dari sejumlah program yang diadakan, banyak tenaga kerja yang diserap mencapai 376 orang. “Pekerjaan perbaikan infrastruktur melalui padat karya itu berhasil menyedot 176 orang.

Sedangkan program pemberdayan masyrakat seperti wirausaha itu menyedot 200 orang tenaga kerja,” bebernya.
Kata Rahmat, persoalan penganguran bukan semata-mata tugas Disnaker, melainkan juga merupakan tugas seluruh SKPD serta BUMD dan juga perusahaan swasta.

Sebab menurutnya, semakin banyak kegiatan infrastruktur atau investasi di daerah, maka semakin besar pula penyerapan tenaga kerja di daerah tersebut. Olehnya itu, untuk menekan angka pengangguran, dirinya meminta kepada para pencari kerja untuk tidak memilih-milih pekerjaan. (fad/c)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top