Bupati Tegur Kadis Kesehatan – Fajar Sultra
News

Bupati Tegur Kadis Kesehatan

BATAUGA – Keterlibatan oknum aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Buton Selatan Dr Darwis Makka MKes yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Selatan yang terlibat kegiatan politik sehingga melahirkan surat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), ditanggapi Bupati Busel Dr H OMN Ilah Ladamay.

Ditanya soal langkah yang dilakukan Pj Bupati atas surat KASN tersebut Ilah Ladamay suda membuat surat teguran kepada yang bersangkutan, dalam hal ini Dr Darwis Makka.

“Saya juga sudah bikinkan surat teguran kepada yang bersangkutan, dan tembusannya juga saya sampaikan kepada Panwaslu Busel dan Komisi ASN,” ujar Ilah Ladamay.

Dirinya menjelaskan bahwa, sesuai maksud surat KASN tersebut yang menyatakan Bupati Busel harus memberikan teguran bahwa, ASN tidak boleh terlibat dalam kegiatan politik serta peringatan agar berhati dan tidak melakukan lagi kegiatan politik.

“Selain itu, saya juga sudah panggil dan tegur yang bersangkutan, agar jangan coba-coba untuk terlibat dalam kegiatan politik,” ucap Ilah Ladamay.

Ilah Ladamay juga mengatakan, sebenarnya dari hasil klarifikasi pihaknya dengan Dr Drawis Makka, dia mengatakan kegiatan tersebut belum masuk tahapan kampanye, dia juga hanya menyiapkan tenaga medis dalam kegiatan acara halal bi halal dan deklarasi Pasangan Calon Muhammad Faizal dan Wa Ode Hasniwati tersebut.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa, Komisi ASN (KASN) telah mengeluarkan putusannya terkait Laporan Panwas Kabupaten Busel atas pelanggaran oknum ASN Dr Darwis Makka yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biton Selatan atas pelanggaran kampanye mendukung salah satu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Busel, Muhamad Faizal dan Wa Ode Hasniwati.

Surat KASN dalam bernomor B-2129/ KASN/11/2016, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) itu dengan tegas menyatakan, Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan, Dr. Darwis Makka, terbukti melakukan pelanggaran kode etik ASN, karena terlibat langsung mendukung salah satu pasangan calon Bupati dan wakil Bupati yakni, Muhammad Faizal La Imu dan Wa Ode Hasniwati.

Berkaitan dengan hal tersebut, KASN meminta kepada Pj. Bupati Busel Dr Ir H OMN Ilah Ladamay, MS agar menindak tegas Kadis Kesehatan, Dr Darwis Makka sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dr Darwis terbukti melakukan pelanggaran netralitas ASN sesuai dengan Undang-Undang nomor 5 tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara.” ujar Asmiati Womal kepada sejumlah media yang menghubungi nya di sekretariat Panwas Busel kemarin, Selasa (29/11).

Dia menjelaskan, dalam pasal dua huruf f, penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan azas netralitas yang berarti setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Sementara pada pasal tiga huruf b, ASN sebagai profesi berlandaskan prinsip kode etik dan kode perilaku.

“Pasal lima ayat duanya menyebutkan bahwa kode etik dan kode perilaku berisi pengaturan perilaku agar pegawai ASN melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan atau pejabat yang berwenang sejauh Tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,” kata Nur Asmiati Womal saat ditemuai awak media di kantor panwas, Selasa (29/11).(mun/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top