Penyalahguna Umumnya dari Pelajar – FAJAR Sultra
News

Penyalahguna Umumnya dari Pelajar

KENDARI – Kalangan pelajar masih menjadi sasaran empuk pengedar narkoba. Berbagai macam modus dipakai para bandar agar penguna terutama bagi kalangan pelajar sampai mahasiswa, mau mengkonsumsinya. Akibatnya, hingga kini penyalahguna narkoba umumnya dan sebahagian besar berasal dari kalangan pelajar.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Kendari Dra Hj Murniaty, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Dra Hj Murniaty

Menurut dia, pada tahun 2016 ini, mulai Januari sampai November sebanyak 143 orang telah direhabilitasi. Delapan diantaranya telah dirawat inap dan selebihnya rawat jalan.

“Dari 142 itu Yang paling banyak mencoba memakai narkoba adalah dari kalangan pelajar sekitar 65 persen, disusul mahasiswa kemudian pekerja swasta sampai kantoran,” kata Murniaty.

Pihaknya sendiri Kendari telah menyediakan klinik kesehatan gratis, terutama bagi mereka teridentifikasi Narkoba. “Kalau ada teman atau keluarga yang ketergantungan narkoba, silahkan melapor di Kantor entah itu melalui call centre atau lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, untuk mencegah Narkoba secara dini dikalangan remaja tidak semestinya melalui materi, diperlukan action langsung dilapangan. Saat ini juga katanya, dibeberapa sekolah dasar sudah diterapkan kurikulum tentang pengajaran bahaya narkoba.

“Dibeberapa sekolah dasar sudah ada kurikulum tentang bahaya narkoba, mudah-mudahan ke depan akan berkembang ke semua sekolah,” ungkapnya. (p2/c/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top