Dikbud Siap Laksanakan USBN – FAJAR Sultra
News

Dikbud Siap Laksanakan USBN

Foto-Kadis-Dikbud-Makmur-2

KENDARI –Rencana moratorium Ujian Nasional (UN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mendapat kajian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari.

Meski belum pasti dengan targetkan realisasi pada 2017, pihak Dikbud telah menyiapkan diri.

Makmur

Rencananya pelaksanaan ujian kelulusan dilimpahkan kepada pemerintah daerah. Untuk tingkat sekolah dasar (SD), pelaksanaan ujian kelulusan akan diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten. Kemudian, pelaksanaan ujian kelulusan bagi sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) dilaksanakan oleh pemerintah provinsi.

Kemendikbud juga akan meluncurkan program baru yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari Makmur mengungkapkan, bila itu menjadi, maka salah satu alternatif penganti UN harus berstandar nasional. Artinya meskipun dilaksanakan di daerah tetapi memiliki standar sama dengan daerah lain.

“Bila tak ada standar yang ditetapkan, bisa jadi standar Kota Kendari dengan daerah lain bisa berbeda. Tentunya pelaksanaan USBN harus dilaksanakan sebaik mungkin, kemudian dilakukan dengan cara adil dan benar,”ungkapnya, Senin (5/12).

Selain itu, kata dia, soal ujian yang akan diberikan betul-betul soal ujian yang pernah diajarkan oleh guru ke peserta didik. Penyusunan soal USBN harus mempertimbangkan kondisi daerah masing-masing.

Katanya, soal ujian minimal bisa mengggali dan menetukan potensi peserta didik, sehingga betul-betul menguji apa yang diajukan serta soal ujian harus sesuai standar kemampuan peserta didik.

“Ya kalau memang kementerian sudah menyiapkan regulasinya, tidak menutup kemungkinan 2017 akan diterapkan dan ujiannya mengikuti sistem yang ada,”ujarnya.

Maka dari itu, dihimbau kepada peserta didik untuk belajar dengan baik, karena yang dapat menentukan peserta didik bisa lanjut atau lulus yaitu dari sekolah.

Pihaknya berharap kepada guru-guru dan peserta didik turut serta dengan model perubahan ini. Sejak beberapa tahun pemerintah tidak lagi menjadikan UN sebagai penentu kelulusan, tetapi yang menjadi penentu kelulusan adalah US. (p11/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top