Mubasir, Proyek Taman Pasar Lama Kolaka – FAJAR Sultra
News

Mubasir, Proyek Taman Pasar Lama Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka–Proyek pembuatan taman kota, yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Kabupaten Kolaka, tepatnya di area Eks pasar Kolaka, yang terletak di kelurahan Sea, kecamatan Latabaga, kabupaten Kolaka terkesan mubasir.

Sebab, selain semak belukar yang mulai menjalar di trotoar yang mengelilingi taman bunga tersebut, pemandangan gelap pada malam hari kerap dijadikan tempat mengkonsumsi miras, terlebih jika hujan turun, air meluap di sekitar taman, lantaran taman lebih rendah dari pada badan jalan.

Menurut salah seorang warga sekitar, sejak taman tersebut dibangun, tidak pernah ada yang mengunjungi taman bunga tersebut untuk bersantai, sebagaimana taman kota lainnya yang ada di Kolaka, yang kerap dijadikan lokasi bersantai baik sore hingga malam hari. “Anu Wae suka tergenang air kalau hujan, baru tinggi rumput dipinggirannya, maunya juga dibuatkan paping blok jalan masuk menuju taman, supaya ada aksesnya orang kalau mau ke sana,” ungkapnya sembari meminta namanya enggan dikorankan.
Kepala BLHK kabupaten Kolaka Suwardi mengatakan, proyek pembuatan tiga space taman bunga di kelurahan Sea, kecamatan Latambaga, tepatnya di Eks Pasar Kolaka, hanya dianggarkan senilai Rp 160 juta melalui APBD 2016. “Memang konsultan pernah usulkan, bagaimana kalau penimbunan saja dulu, hanya kan kalau penimbunan tidak sesuai lagi dengan yang dianggarkan,” ungkapnya.

Terkait soal genangan air, pihak BLHK mengakui pernah di komplen oleh masyarakat sekitar, namun dirinya memerintahkan pekerja proyek untuk membuat drainase pembuangan air di sekitar taman. “Hanya saja memang terjadi sedimentasi sehingga masih terjadi genangan air ketika hujan, sehigga drainase yang dibuat tidak berfungsi dengan bagus,” ujarnya.

Sebenarnya kata dia, untuk menambah indahnya taman bunga yang ada di sana, memang harus dikelilingi papin blok, hanya saja dirinya mengakui kekurangan anggaran untuk hal itu. “Kalau berbicara soal kegiatan, sesuai dengan perhitungan konsultan, maka itulah yang kita lakukan,” tandasnya. (cr1/b/hen)

Kolaka Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top