TKA Asal China “Serbu” Kolaka – Fajar Sultra
News

TKA Asal China “Serbu” Kolaka

KOLAKA – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kolaka mencatat sedikitnya 41 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal 3 negara bekerja pada empat perusahaan pertambangan di Bumi Mekongga. Dari 41 TKA itu, 27 orang diantaranya berasal dari China.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnakertrans Kolaka, Laode Rahmat mengatakan, sejak 2015 lalu pihaknya mencatat 41 orang TKA sudah mengantongi izin untuk bekerja di empat perusahaan. Mereka berasal dari negara China, Jepang, dan Finlandia.

“TKA yang bekerja di Kolaka berjumlah 41 orang. Mereka bekerja di empat perusahaan pertambangan seperti Sumitomo Industri berjumlah enam orang dan Sumitomo Corporation berjumlah satu orang asal Jepang. Kemudian tujuh orang asal Finlandia bekerja di PT Warsila. Terakhir ada 27 orang TKA asal China bekerja di PT Mapan,” ujar Laode Rahmat saat ditemui di ruangannya, Senin (5/12).

Dia menambahkan, sejauh ini tidak ada kendala mengenai izin ketenagakerjaan yang dikantongi TKA. Namun sempat terjadi silang pendapat antara pihak Kesbangpol dan Disnakertrans mengenai izin kerja TKA. Hanya saja persoalan itu telah diselesaikan.

“Izin TKA ini yang terbitkan adalah pemerintah pusat dan tembusannya tidak pernah diterima oleh pemerintah daerah. Makanya sempat terjadi silang pendapat antara tim dari Kesbangpol dengan Nakertrans karena Kesbangpol mengatakan bahwa izin mereka sudah lengkap sementara kami belum bisa katakan legal karena mereka belum lapor karena kewajiban mereka adalah melapor. Setelah kita surati dan mereka datang akhirnya kita nyatakan tak ada lagi masalah izin,” paparnya.

Terkait adanya penemuan TKA ilegal yang tidak mengantongi izin resmi ditangkap di sejumlah daerah, pihaknya akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) sehingga apabila ditemukan TKA ilegal, pihak Disnakertrans akan langsung mendeportasinya.

“Apabila kami temukan TKA yang melebihi jumlah TKA yang memiliki izin maka kami akan deportasi,” tegasnya. (p7/b/din)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top