APBD 2017 Berkurang Rp 103 Miliar dari 2016 – Fajar Sultra
News

APBD 2017 Berkurang Rp 103 Miliar dari 2016

ok-ft-sitti-saleha

Sitti Saleha

RUMBIA, BKK- DPRD Kabupaten Bombana menerima dan menetapkan jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2017 ini sebesar Rp 798 miliar. Kali ini, jumlah APBD berkurang sebesar Rp 103 miliar dibandingkan APBD 2016 yang mencapai Rp 887 miliar.

Penetapan APBD 2017 ini dilaksanakan dalam sidang paripurna di Gedung DPRD Bombana, Rabu (7/12) kemarin. Berkurangnya jumlah APBD 2017 ini pun membuat fraksi-fraksi meninggalkan catatan khusus pada Pemkab Bombana yang saat ini dipimpin Sitti Saleha.

Fraksi PPP, melalui Ketua Fraksinya, Jalil meminta Pemkab Bombana agar benar-benar membelanjakan anggarannya secara terukur, mengingat kali ini jumlahnya turun dibandingkan tahun lalu. Jalil menitikberatkan agar seluruh program pemerintah benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat Bombana.

Fraksi lainnya, seperti Golkar, Fraksi Perjuangan Restorasi Nurani (Peran), serta Fraksi PAN Bersatu, juga menitipkan pesan yang hampir seirama. Fraksi Golkar meminta Pemkab Bombana agar bisa meningkatkan pendapatannya di tahun-tahun mendatang. Fraksi Peran juga berpesan agar belanja untuk publik benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Begitu juga dengan Fraksi PAN Bersatu. Fraksi ini menitipkan catatan khusus untuk proyek pembangunan rumah transmigran sisipan di wilayah Desa Watuwatu yang sudah rampung sejak 2015, tetapi belum cair dananya.

Penjabat Bupati Bombana, Hj Sitti Saleha mengatakan, Pemerintah daerah dan DPRD selalu berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini adalah penjabaran dan kebijakan umum, olehnya itu saya menyambut penetapan APBD ini sebagai upaya peningkatan pelayanan optimal kepada masyarakat,” kata Saleha dalam rapat paripurna tersebut.

Meski begitu, Saleha mengaku jika berkurangnya jumlah APBD 2017 ini bukan hanya satu-satunya permasalahan. Menurutnya, permasalahan lain yang kini dihadapi pemerintah adalah perubahan regulasi dari pemerintah pusat.

“Saya berharap DPRD dan Pemda terus bersinergi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tukasnya. (cr2/b/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top