APBD Bombana Ditetapkan Rp 784 M, Loh Kok Turun….. – FAJAR Sultra
News

APBD Bombana Ditetapkan Rp 784 M, Loh Kok Turun…..

KENDARIPOS.CO.ID BOMBANA- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 Bombana akhirnya disahkan DPRD setempat kemarin (7/12). APBD senilai Rp 784 Miliar itu diputuskan setelah dilakukan rapat secara marathon selama lima hari.

“Alhamdullilah, APBD 2017 akhirnya bisa disahkan. Ini berkat kerja keras TAPD dan Badan Anggaran dewan,” kata Andi Firman, Ketua DPRD Bombana. Menurutnya pasca ditetapkan, APBD 2017 tersebut akan disampaikan ke Gubernur.

Rapat penetapan APBD 2017 Bombana dipimpin Ketua DPRD Bombana, dan dihadiri Pj Bupati serta pimpinan SKPD. Sebelum ditetapkan, Sekretaris Dewan, Alimuddin, lebih dulu menyampaikan laporan badan anggaran serta catatan empat fraksi di DPRD terkait hasil pembahasan RAPBD 2017. Dari fraksi Golkar bersatu misalnya, mereka menyikapi APBD 2017 yang mengalami penurunan sangat drastis dibanding 2016 lalu.

Di tahun 2016, APBD Bombana sekira Rp 887 miliar lebih, sementara di tahun 2017, hanya Rp 784 miliar lebih atau turun sekitar Rp 103 miliar atau 11 persen. Atas penurunan tersebut fraksi Golkar merasa prihatin, dan berharap kedepannya bisa ditingkatkan lagi.

Sementara fraksi perjuangan restorasi nurani (Peran) menilai, pengelolaan APBD memerlukan perencanaan yang matang, terarah, proporsional, obyektif dan transparan dengan tidak meninggalkan asas keadilan. Begitu juga dengan fraksi PPP, menurut Alimuddin, PPP memberikan apresiasi kepada pemerintah atas komitmennya yang tetap fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di APBD 2017 ini.

Sementara badan anggaran sambung Alimuddin, mereka menyarankan kepada TAPD bersama seluruh SKPD agar dapat melakukan koordinasi dalam rangka penyesuaian apabila terjadi perubahan-perubahan anggaran yang telah disepakati bersama. Menurut Alimuddin saat membacakan laporan badan anggaran DPRD, APBD 2017 saat pengajuan KUA/PPAS diproyeksi sebesar Rp 784 miliar lebih, namun setelah dilakukan pembahasan RAPBD bertambah Rp 14 miliar sehingga disepakati dalam pembahasan sebesar Rp 798 miliar lebih. “Jadi ada pergeseran dari pagu yang telah disepakati bersama dalam KUA/PPAS APBD 2017,” ungkapnya. (nur/c)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top