Dayu Terpilih Jadi Putri Indonesia Sultra – Fajar Sultra
News

Dayu Terpilih Jadi Putri Indonesia Sultra

♦ Siap Berkompetisi Ditingkat Nasional

KENDARI – Malam puncak Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) Wilayah Sultra yang diselenggarakan Harian Rakyat Sultra bekerjasama Yayasan Puteri Indonesia, tadi malam berlangsung sukses dan meriah.

Dari 15 finalis, Dayu Putu Mirawati asal kota Baubau keluar sebagai juara mewakili Provinsi Sultra ke tingkat nasional.

Dirinya bersaing ketat bersama rekan-rekannya hingga bisa lolos pada tahap ke 10 besar, lima besar, hingga tiga besar dari hasil penilaian dewan juri. Diposisi tiga besar, Dayu bersaing dengan Sri Rahmiati Rembulan asal Konawe Selatan dan Ayu Meriani asal Buton Utara.

Dewan juri kemudian memberikan satu pertanyaan yang sama kepada ketiga finalis, semuanya mampu menjawab dengan sempurna.

Setelah dirembukkan, tim juri kemudian memutuskan menjatuhkan pilihan juara kepada Dayu Putu Mirawati sebagai juara pertama, sedangkan Sri Rahmiati Rembulan menjadi runner up 1.

Namun sebelumnya, dewan juri lebih dulu mengumumkan pemenang runner up 2 yang diraih Ayu Meriani dari Buton Utara.

Sementara itu, beberapa finalis juga berhasil meraih sejumlah juara yang disiapkan panitia di malam Grand Final PPI Sultra, yakni juara busana terbaik diraih Fiqih Nugrawati, Finalis favorit pilihan penonton diraih Sri Rahmatia dan Juara Harapan II diraih Inci Trisnawati, sedangkan Juara Harapan I diraih Nur Rahmawati Waji.

Saat didaulat menjadi juara, mahkota puteri indonesia tahun 2015 kemudian disematkan di kepala Dayu oleh finalis puteri indonesia asal sultra 2015, sambil mendapat tepukan meraih dari peserta.

Acara yang dibuka Ketua DPRD Provinsi Sultra Abdurrahman Saleh, dihadiri ratusan tamu undangan, pejabat bupati dan sejumlah pimpinan lembaga dan perusahaan yang ada di Sultra.

Mewakili Gubernur Sultra, Abdurrahman mengungkapkan, melalui pemilihan puteri indonesia, tidak hanya mampu menggali potensi yang dimiliki anak daerah, tetapi juga bisa memberitahu kepada dunia luar bawa Sultra pun memiliki beragam budaya, sebagai identitas NKRI.

“Kita juga menginginkan finalis PPI tahun 2016-2017, bisa menunjukan karakter bangsa yakni budi pekerti,” terangnya saat memberi sambutan.

Diharapkan, finalis yang terpilih, bisa memperkenalkan Sultra baik tingkat nasional maupun internasional.

“Siapapun yang terpilih maju ke tingkat nasional, diharapkan bisa mengikuti jejak prestasi para senior mereka. Sekaligus mampu menjaga budi pekerti yang baik,” harapnya.

Memiliki predikat puteri apalagi puteri Indonesia bukan hanya berdasarkan dari kecerdasan, penampilan, namun juga bagaimana cara seseorang membawa diri.

Ketua Panitia Pelaksana Finalis PPI Indah Astriyani menuturkan seleksi ini, Harian Rakyat Sultra didukung berbagai pihak. “Untuk diketahui, sampai pada ketahap ini kami diberi waktu tiga bulan untuk menyeleksi puteri daerah. Dimana kami terus berkoordinasi dengan panitia pusat,” ungkapnya.

Tahap seleksi lanjut dia , dilakukan di kampus-kampus yang ada di Sultra seperti, Unsultra, UHO, dan STIE 66. Bahkan panitia pun turun langsung ke kabupaten/kota untuk melihat proses seleksi. Acara bergengsi ini dihadiri para pejabat daerah, dan keluarga serta para pendukung finalis.

Mewakili Yayasan Puteri Indonesia Agus Nikorim menyampaikan kriteria puteri Indonesia ialah harus memiliki semangat dan 3B yakni, Brain, Beauty, dan Behavior. “Pemilihan Puteri Indonesia tingkat Nasional sendiri akan dilaksanakan pada bulan Februari 2017 mendatang,” kata Agus.

Didaulat sebagai dewan juri ialah Agus Nikorim dari Yayasan Puteri Indonesia, James dari Mustika Ratu, Wati Ruslan dari Kanani Klinik Kecantikan, dan Mahkota Tenun Endang.

Sementara Wakil Direktur Harian Rakyat Sultra Umar Muhrum menuturkan, kegiatan seperti bukan yang pertamakali dilakukan melainkan sudah ke-10 kita dipercaya sebagai panitia dari Pemilihan Puteri Indonesia.

“Tentunya, kedepan kami berharap bisa lebih baik serta bisa melanjutkan kerjasama ini. Sebelumnya Rakyat Sultra juga telah menggelar berbagai kegiatan besar, dari situ pula kita mampu meraih penghargaan bergengsi seperti Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID),” katanya.

Umar pun menambahkan, Pelaksanaan Malam Grand Final dirangkaikan dengan penganugerahan Srikandi Sultra 2016 versi Harian Rakyat Sultra. “Penganugerahan ini tidak lain untuk memberi apresiasi kepada wanita-wanita yang berpengaruh dalam kemajuan pembangunan Sultra,” tutur dia.

Anugerah Srikandi Sultra 2016, diberikan kepada Siska Imran Adriatma, Hj Hayati Hasan, Arni Arsalim, Herti Safei, Masyuhura Ilah Ladamay, Hasria Sri Yastin, Nurul Hidayati, Kurniawati. Kemudian, ada, Nurlin Surunudin, Risma Purba, Risnawati Tamburaka, Siti Saleha, Rahmatia Lukman, Wa Ode Masra Manarfa, Sartini Tamrin. (m2/a/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top