Kabid Pemdes BPMD Muna Dibui – FAJAR Sultra
News

Kabid Pemdes BPMD Muna Dibui

RAHA – Setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka beberapa waktu lalu, Nazarudin Saga, Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Muna akhirnya ditahan Kejaksaan Negeri Muna, Kamis (8/12). Sebelum ditahan, Nazaruddin diperiksa beberapa jam di Kejari Muna.

Konferensi Pers Kepala Kejaksaan Negeri Muna tentang penahanan Kabid Pemdes BPMD Muna, Kamis (8/12)

Nazaruddin ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2015, dalam item kegiatan studi banding 123 kepala desa se-Kabupaten Muna di Yogyakarta. Setiap kepala desa saat studi banding dikenakan pembayaran sebesar Rp10 juta yang bersumber dari ADD tahun 2015. Total anggaran yang digunakan senilai Rp1,23 miliar.

Tersangka diduga telah menyalahgunakan dana tersebut dan merekayasa laporan pertanggungjawaban. Namun hingga ia ditahan, Kejari Muna belum memastikan jumlah kerugian negara. “Kerugian negara sementara dihitung oleh BPKP,” jelas Kajari Muna, Badrut Tamam.

Kasus tersebut juga menyeret La Palaka, Kepala BPMD Muna sebagai tersangka. La Palaka tidak hadir saat jadwal pemeriksaan, karena sedang menjalankan tugas di Bali. Kedua tersangka dijerat pasal 2 dan 3 UU No 31 tahun 2009 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman penjara maksimal seumur hidup.

“Setelah alat bukti lengkap, tersangka Nazaruddin kami lakukan penahanan. Sementara, Kepala BPMPD, La Palaka ada surat yang kami dapat sedang berada di luar daerah,” sebut Badrut.

Dalam kasus ini, penyidik telah memeriksa kurang lebih 80 saksi. Diantaranya para kepala desa dan anggota DPRD Muna yang ikut mendampingi studi banding. (sra/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top