Sultra Harus Miliki Tatrawil – FAJAR Sultra
News

Sultra Harus Miliki Tatrawil

KENDARI – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Iformasi (Dishub Kominfo) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mematangkan rencana Sistem Transprotasi Nasional (Sistarnas) dalam Tataran Transportasi Wilayah (Tatrawil). Pasalnya, Tatrawil pelu ada dalam membingkai transportasi Sultra yang aman, nyaman, kondusif dan teratur.

Kadishub dan Kominfo Sultra Dr H Hado Hasina saat melakukan rapat umum daerah bersama pengurus HPJI Sultra, Sabtu (10/12).

Kadishub dan Kominfo Sultra Dr H Hado Hasina mengatakan, kemajuan suatu daerah harus ditopang dengan infrastruktur transportasi yang memadai. Apalagi, Sultra sendiri belum memiliki desain transportasi wilayah jangka panjang dalam mengantisipasi perkembangan pembangunan daerah.

Olehnya itu, tatrawil sangat penting dalam suatu daerah. Dimana, tatrawil akan mengatur dan mendesain semua jalur dan jaringan pelayanan transportasi disuatu daerah atau wilayah, khususnya di Sultra.

“Daerah kita ini sebagai daerah kepulauan, yang perkembangan kemajuan pembangunan sangat cepat. Jika tidak diantisipasi dengan menciptakan suatu sistem, khususnya tatrawil maka bisa dipastikan dalam jangka lima tahun atau 10 tahun mendatang, kemacetan ada dimana-mana. Itulah pentingnya tatrawil dimiliki suatu daerah,” jelas Hado saat membawakan sambutan pada, rapat umum daerah Himpunan Pelaksana Jalan dan Jembatan Indonesia (HPJI) Sultra di Hotel Athaya, Sabtu (10/12)

Tatrawil menurut mantan Plt Sekda Buton Utara (Butur) tataran transportasi wilayah yang mengorganisir semua sistem transportasi jalur transportasi, mulai dari jalur darat, udara, laut, maupun sungai (penyeberangan).Olehnya, moda transportasi perlu direncanakan dan disiapkan infrastrukturnya dengan baik.

Dimana, alat transportasi ini terdiri dari sarana prasaranan yang didukung sebagai pelayan jasa dan sangat dibutuhkan masyarakat. Sebab, jika semua Sistranas dalam Tatarwil ini berfungsi untuk memindahkan orang dan barau atau jasa terus berkembang secara dinamis.

“Melalui program Sistarnas dalam Tatrawil ini bisa mewujudkan jaringan prasarana dan pelayanan jasa transprotasi, komunikasi dan informatika yang andal, menjamin kepuasan pengguna jasa menuju Sultra yang maju dan berdaya saing,” harapnya. (r3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top