Utamakan Kedisiplinan PNS – FAJAR Sultra
News

Utamakan Kedisiplinan PNS

WANITA satu-satunya yang menjadi Pejabat sementara (Pj) Bupati wanita di Sultra Sitti Saleha SE MSi terus berupaya mengutamakan kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Bombana. Untuk membuktikan itu Saleha terus melakukan Sidak disetiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dipimpinya.

Sejak dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Nur Alam di Bulan Agustus lalu, Saleha diberi mandat untuk mengawal program bupati sebelumnya yakni H Tafdil terutama dibidang kedisiplinan PNS dan menyukseskan Pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Hj Sitti Saleha SE MSi

Saleha mengatakan, sejak memimpin di Bombana dirinya langsung melakukan Sidak dibeberapa titik yakni dipusat perbelanjaan yakni di Pasar Sentral Bombana, SKPD, dan tempat-tempat lainya.

“Masih banyak PNS yang kurang disiplin, dan itu kami sudah berikan sanksi baik itu sanksi teguran lisan dan tulis, penundan kenaikan pangkat bahkan sampai pemecatan,” tegas wanita berjilbab ini.

Tidak hanya itu, saat berkunjung di pasar Bombana wanita berjilbab ini geram melihat banyaknya pedagang yang berdagang diluar area pasar, bahkan kebersihanya tidak terjaga.

Melihat kondisi itu, Kadis Disperindag Kop ini langsung bertindak cepat untuk memanggil SKPD terkait, Camat setempat untuk memikirkan bagai mana cara utuk memikirkan kodisi pasar agar lebih baik.

“Saya arahkan pak Camat untuk menerjunkan stafnya agar setiap Kamis dan Jumat pagi membersihkam lokasi pasar. Tidak hanya itu, saya juga menyarankan seluruh SKPD untuk terus menjaga kebersihan kantor masing-masing,” imbuhnya.

Saleha menambahkan, hal yang perlu diperhatikan dalam pencapaian kinerja yang tinggi adalah mengenai disiplin pegawai. Seseorang yang berhasil atau berprestasi biasanya adalah mereka yang memiliki disiplin tinggi.

“Disiplin pegawai perlu dioptimalkan kembali dengan cara perlu adanya ketegasan aturan dalam organisasi. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kedisiplinan PNS misalnya pada aturan jam kerja, tanggung jawab terhadap pekerjaan dan keseriusan dalam menyelesaikan pekerjaan,” pungkasnya.

Padai-Pandai Membagi Waktu

Tidak adanya keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan kegiatan profesional dapat menyebabkan salah satunya berakhir dengan kegagalan. Namun Pj Bupati Bombana yang lahir dari kaum gender ini pandai mengatur waktu dalam mengurus keluarga. Walaupun menduduki kursi nomor satu di Bombana Hj Sitti Saleha tidak luput dari tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga.

Setiap orang memiliki waktu yang sama dalam satu hari yakni 24 jam. Dengan banyaknya tugas dan fungsi yang harus dijalankan dalam satu hari, maka seorang wanita karir diharapkan mampu membagi waktunya dengan baik.

Sama halnya yang dilakukan Hj Saleha setiap hari libur kerja selalu menepatkan waktu untuk mengurus anak dan suami.

“Setiap hari libur saya selalu menempatkan waktu bersama keluarga dan kerabat. Yang sering kami lakukan yaitu masak bareng bersama keluarga, saat di mejamakan kami sering bercanda gurau baik itu sama anak, suami dan kerabat,” kata Saleha.

Dengan kecerdasan dan skil yang dimiliki wanita berkulit putih ini, sehingga dia bisa berhasil mengatur waktu dengan baik. Disatu pihak dia menjalankan tugas sebagai abdi negara disisilain dia memiliki tugas sebagai seorang ibu. (HRS)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top