Puluhan Rumah di Pesouha Terendam Banjir – FAJAR Sultra
News

Puluhan Rumah di Pesouha Terendam Banjir

foto-banjir-150x150

KOLAKAPOS, Kolaka–Puluhan rumah di desa Pesouha Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, pada Senin 13 Desember terendam banjir setelah diguyur hujan lebat kurang lebih 3 jam lamanya. Peristiwa banjir itu membuat panik warga desa karena terjadi malam hari dan bahkan meluap hingga ke jalan raya.

“Sekita jam tiga hujan sore hujan, lalu air meluap dari kali merah sekitar jam delapan,” Tutur Iswanto warga Pesouha.
Akibat terendam banjir setinggi lutut orang dewasa, warga pun akhirnya keluar rumah karena was was ketinggian air akan semakin naik. “Ya kita keluar rumah, kita takut air semakin naik,” ungkap Iswanto.
Hingga tengah malam pantauan di lokasi di cek dam desa Pesouha juga turut meluap hingga ke jalan raya. Warga menduga penyebab banjir akibat aktivitas pertambangan di daerahnya yang telah membuat hutan di desa Pesouha sudah gundul. “Ada aktivitas tambang diatas, ini saja air cekdam sudah meluap,” ujar Iswanto.
Selain merendam puluhan rumah, banjir tersebut juga membuat sejumlah kendaran takut melintas. Untungnya sekitar pukul 01 Dini hari banjir mulai surut. Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin yang turun di lokasi banjir mengatakan sejauh ini tidak ada laporan rumah rusak dan korban jiwa. “Kita lihat sendiri hanya terendam banjir, terkait rumah rusak blum ada laporan, begitu juga korban jiwa tidak ada,”ujar Jayadin.
Dia juga menghimbau warga Pesouha untuk waspada sebab saat ini musim penghujan. “Saya menghimbau warga untuk waspada, apalagi saat ini musim penghujan bisa saja terjadi banjir lagi,” tuturnya.
Untuk diketahui hujan lebat yang turun sejak sore kemarin juga sempat meruntuhkan sebuah deuker di jalan poros desa Watalara. Untuk beberapa saat kendaraan tidak bisa melintas di jalur tersebut. Warga kemudian membuat jembatan darurat Penghubung di desa itu. (cr4/b/hen)

Kolaka Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top