Ratusan PNS Diuji Kompetensi – Fajar Sultra
News

Ratusan PNS Diuji Kompetensi

RUMBIA – Ada sekitar 200 lebih Pegawai Negeri Sipil (PNS) Bombana yang terdiri dari eselon III dan IV melakukan tes ujian kompetensi yang dilakukan oleh tim baperjakat, pada Selasa (13/12).

Seleksi ini dilakukan bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatatan di pemerintah kabupaten Bombana setelah adanya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang struktur perangkat daerah, sehingga banyak istansi yang mengalami kekosongan pejabat.

Pj Bupati Bombana, Sitti Saleha SE MSi memberikan sport kepada peserta tes uji kompetensi eselon III dan IV di gedung Serba Guna, Selasa (13/12).

Pj Bupati Bombana, Hj Sitti Saleha mengatakan, uji kompetensi ini wajib dilkukan sebagai syarat PNS yang bisa menduduki jabatan yang dilamarnya.

“Jadi kami harapkan dalam seleksi ini semua PNS yang ikut seleksi merupakan orang-orang yang handal, sehingga saat dia menjabat bisa menerapkan ilmu yang dikuasainya dengan baik,” harap Pj Bupati wanita pertama di Sultra ini.

Kalau penjaringan ini dilakukan dengan baik sesuai kemampuan yang dimiliki oleh PNS itu sendiri, Hj Sitti Saleha berkeyakinan roda kinerja pemerintahan di daerah ini akan berjalan dengan baik dan lebih terstruktur.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Baperjakat Kabupaten Bombana, H Burhanuddin A Hs Noy mengatakan, ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh peserta tes, yang pertama tes tulis yang dilaksanakan hari ini (kemarin red) dan kedua wawancara.

” Untuk tes wawancara kami akan mencarikan waktu yang lowong, biar bagaimanapun saat ini kami mengalai kesibukan menghadapi Hut Bombana ke 13, kami usahakan tes uji kompetensi ini tuntas di bulan ini semua, ” jelas Sekda Bombana.

Saat ditanya beredarnya isu bahwa tes kompetensi ini hanya sebagai syarat untuk menduduki jabatan dan orang-orang yang akan menduduki jabatan itu sudah ditunjuk langsung, Burhanuddin membatah tudingan itu secarah tegas.

“Tidak ada sogo menyogok dan tidak ada orang terdekat yang diloloskan jika tidak memenuhi passing grade. Kami melakukan seleksi ini sesuai denga kemampuan ilmu yang dimiliki PNS itu sendiri. Jadi kalau ada orang yang menyatakan bahwa yang menduduki jabatan eselon III dan IV itu sudah ada dan melalui penunjukan langsung dari ibu Pj maupun saya dan pejabat lainya itu tidak benar,” tegas Sekda Bombana.

Tambahnya, pihaknya melakukan seleksi betul-betul murni sesuai SDM PNS itu sendiri, mencarikan jalan posisi yang cocok untuk disiplin ilmu yang dimiliki PNS itu sendiri. (r4/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top