Bahas Batas Kolaka – Koltim – FAJAR Sultra
News

Bahas Batas Kolaka – Koltim

Wasiruddin S Sos

TIRAWUTA, BKK- Camat Mowewe Wasirudin telah membentuk tim terpadu yang akan meninjau perbatasan Kolaka Timur – Kolaka. Peninjauan batas kabupaten ini dianggap penting karena selain untuk memperjelas batas masing-masing wilayah, juga terdapat beberapa misi khusus yang berkaitan dengan sumber daya alam.

Sesuai UU No 8 Tahun 2013 tentang Pembentukan Kabupaten Kolaka Timur, garis pembatas berlokasi pada kilometer 24 Jembatan Laika Mborassa. Ini mencakup Desa Lambo Tuo dan Desa Lalosingi atau yang dikenal dengan istilah Laikalanda.

“Tujuan dari peninjauan ini juga untuk mengkonfirmasi keterangan orang-orang tua tokoh kampung sekitar, bahwa di Laikalanda ada air sungai yang memisahkan Kolaka dan Koltim,” kata Wasiruddin kepada Berita Kota Kendari, Kamis (15/12).

Adapun tim terpadu yang dibentuk terdiri dari perangkat desa/kelurahan, serta unit kehutanan Mowewe. Tim ini akan melihat bagaimana kondisi hutan di wilayah perbatasan, terutama apakah di situ ada kegiatan yang ilegal, seperti perambahan hutan untuk penanaman serta penebangan liar. Wasiruddin juga ingin mempertegas wilayah hutan di perbatasan, apakah masuk dalam penguasaan adat (ulayat), hutan lingdung, hutan produksi dan lain-lain.

“Kita juga akan mengkonfirmasi air terjun di Desa Lambotua serta danau di atas pebukitan yang dibilang orang-orang orang tua dulu Air Nebeko. Kalau memang betul, itu mungkin bisa kita usulkan sebagai salah satu destinasi wisata alam di Koltim,” kata mantan Kabag Humas Pemkab Koltim ini.

Tim terpadu ini rencananya akan melakukan kunjungan selama dua hari, yakni 17 dan 18 Desember. Hasil dari kunjungan tersebut selanjutnya akan dilaporkan kepada Bupati Koltim, Tony Herbiansyah. (k3/c/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top