Bangunan Wajib Miliki Andalalin – FAJAR Sultra
News

Bangunan Wajib Miliki Andalalin

KENDARI – Masih Banyaknya bangunan di bahu jalan yang belum miliki analisis dampak lalu lintas (Andalalin) di Sultra perlu jadi perhatian pemerintah kabupaten, kota maupun provinsi. Pasalnya, jika tidak, maka pemerintah sendiri yang akan keteteran sendiri.

Apalagi tuntutan percepatan pembangunan di daerah, khususnya di ibu kota tidak dapat dipungkiri. Namun, bangunan di bahu jalan semakin tidak terkendalikan tanpa memiliki andalalin.

Hal ini terungkap saat Rapat Koordinasi Teknis dalam Menyiergikan program Perhubungan Darat Dinas perhubungan 2017, di salah satu hotel Kendari, Kamis (15/12).

“Jangan hanya bangunan hotel atau toko saja yang jadi perhatian kita semua, tapi kita harus melihat semua bangunan ruas jalan yang belum memiliki andalalin. Ada beberapa kampus yang posisinya tepat di bahu jalan, bahkan ketika di situasi tertentu sangat menggangu lalulintas,” ungkap salah satu Tim Teknis Andalalin Akhmad Firman, di depan peserta forum.

Bukan hanya itu saja. Dia juga menyebutkan ada beberapa ruko yang dijadikan sebagai sekolah pendidikan anak usia dini, lokasinya juga tepat di bahu jalan. Untuk itu, dia berharap agar pemerintah kota khususnya dapat memberikan perhatian. Dalam arti memberikan tenggat waktu untuk mengurus andalalinnya.

Paling tidak, dia memberikan solusi, pemerintah daerah memberikan catatan agar bangunan-bangunan tersebut diberikan tenggat waktu membuat parkir. Sehingga jalur arus lalulintas kedepannya tidak terganggu.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Sultra Kompol Jarwadi mengungkapkan telah membentuk forum angkutan jalan dan lalulintas. Sehingga mengetahui, kondisi jalan dan lalulintas yang rawan dan perlu dilakukan perbaikan oleh pemerintah.

Bahkan dirinya juga telah melakukan survei ke semua kabupaten di Sultra dalam rangka memastikan, kondisi jalan dan kerawanan lalulintas.

Sementara, Kadis perhubungan dan Kominfo Sultra Hado Hasina tidak menampik jika masih banyak bangunan di bahu jalan yang belum miliki andalalin. Makanya, dibentuklan tim andalaliln dalam rangka menertibkan semua bangunan di bahu jalan.

Proses andalalin juga membutuhkan waktu dan sesuai kewenangan masing-masing. Jika bangunan dimaksud beradi di jalan nasional, maka urusannya dengan Kemenhub, jika di jalan provinsi maka urusannya dengan DIshub provinsi, begitu pula di kabupaten. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top