Instalasi PLTS Hampir Rampung – FAJAR Sultra
News

Instalasi PLTS Hampir Rampung

LAWORO – Pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Muna Barat hampir rampung. Begitu simpulan hasil monitoring dan evaluasi tim dari Pemprov Sultra saat meninjau lokasi pembangunan PLTS di Muna Barat, Rabu (14/12).

Tim monitoring datang ke Muna Barat untuk memastikan pengadaan PLTS tersebut tepat sasaran. Mereka adalah Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Muhamad Nurjaya, Kabag Kontruksi dan Konsultasi, H Rades, dan Kasubag Keuangan dan Pelaporan, Sulfiana.

Kunjungan tim monitoring pembangunan instalasi PLTS di tiga desa di Muna Barat, Rabu (14/12).

Tim mengunjungi langsung tiga desa yang mendapat bantuan PLTS yakni Desa Bero di Pulau Tiga, Desa Tiga di Pulau Mandike dan Desa Gala di Pulau Gala. Turut mendampingi, Pj Bupati Muna Barat Dr Rony Yakob Laute, Plt Sekda Mubar Husein Tali dan Kadis Perhubungan Muna Barat, La Ode Hanafi

Catatan tim, panel maupun lampu jalan terlihat sudah terpasang rapi. Begitupun aliran listrik dirumah-rumah warga. Meskipun demikian, Pj Bupati Mubar Dr Rony Yakob mengaku masih ada hal-hal teknis yang harus diperbaiki, seperti meteran yang tidak berfungsi dan beberapa lampu jalan yang tidak menyala.

“Masih ada hal-hal teknis yang harus diperbaiki di lapangan. Namun sejumlah kekurangan itu akan segera diperbaiki oleh kontraktor karena masih tanggung jawab mereka, ” jelas Rony saat berkunjung ke pulau-pulau tempat pembangunan PLTS itu

Sementara itu, Ketua Tim Monitoring, Muhamad Nurjaya mengatakan, pihaknya turun untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pengadaan PLTS untuk memastikan bantuan untuk kepentingan masyarakat tersebut tepat sasaran dan betul-betul dinikmati oleh masyarakat.

“Kami turun untuk melakukan monitoring dan mengevaluasi pengadaan barang tersebut. Jangan sampai bantuan itu tidak sampai di masyarakat dan hanya dimanfaatkan oleh sekelompok orang. Sekaligus untuk melihat apakah betul-betul terpasang atau tidak,” jelas Nur Jaya.

Meski masih terdapat beberapa masalah, namun secara keseluruhan pemasangan PLTS di Muna Barat sudah berjalan dengan bagus dan sesuai dengan yang diharapkan. “Untuk sementara, pemasanganya bagus dan rapi. Untuk mengetahui seperti apa nanti setelah serah terima. Karena di situ kita akan lihat hasilnya. Saat ini kita tidak bisa melihat secara maksimal karena belum ada penyerahan,” ucapnya. (p1/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top