Ratusan Brimob Diturunkan ke Mubar – FAJAR Sultra
News

Ratusan Brimob Diturunkan ke Mubar

KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sultra menurunkan sekira 200 personel brigade mobil (Brimob) untuk melakukan pengamanan di Kabupaten Muna Barat (Mubar). Keputusan tersebut diambil oleh kepolisian mengingat situasi politik di Mubar sedang memanas.

Kasubdit Politik Direktorat Intelkam Polda Sultra AKBP Selvanus Eko mengatakan dari tujuh daerah yang akan pilkada di Sultra, baru di Mubar yang diturunkan personel Brimob. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya konflik yang terjadi di sana. Menurutnya personel Brimob yang dikerahkan di daerah pecahan Muna itu bisa saja bertambah manakala eskalasi politik terus terjadi.

Saat ini, katanya, pilkada Kabupaten Mubar akan diamankan langsung di bawah kendali Polres Muna. Dia tidak memungkiri adanya pengrusakan rumah salah satu pendukung pasangan calon di sana.

“Dan sekarang pelaku sedang diproses,” ungkapnya.

Eko mengatakan potensi kerawanan di Muna Barat juga terlihat dalam daftar pemilih tetap (DPT). Di sana, katanya, jumlah DPT menurun drastis bila dibandingkan dengan DPS.

Karena itu, ia mengingatkan kepada komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) supaya bisa mengantisipasi surat suara manakala terjadi lonjakan pemilih yang tak masuk dalam DPT namun menyalurkan hak pilihnya dengan menggunakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) atau surat keterangan perekaman e-KTP.

“Kalau mereka tak terdata dalam DPT lalu mereka punya surat keterangan maka warga pasti akan memaksa untuk memiliih. Yang harus diantisipasi jangan sampai yang memilih ini lebih dari jumlah DPT ditambah surat suara cadangan 2,5 persen. Kalau lebih dari itu, maka pasti surat suara akan kurang. Ini yang harus diantisipasi oleh KPU,” pungkasnya. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top