SMPN 12 Terapkan Kawasan Tanpa Rokok – FAJAR Sultra
News

SMPN 12 Terapkan Kawasan Tanpa Rokok

KENDARI – Peraturan larangan merokok di sekolah kini mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia No. 64 Tahun 2015 yaitu tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Muh Saleh MPd

Hal tesebut sudah diterapkan sekolah di Kota Kendari salah satunya adalah SMPN 12 Kendari.

Kepala sekolah SMPN 12 Kendari Muh Saleh MPd mengatakan, penerapan larangan merokok di sekolah sudah dimulai sejak tahun 2013, memang sudah disampaikan bahwa tidak boleh merokok di dalam sekolah karena sudah memiliki aturan.

“Untuk memperjelas peraturan tersebut, kami selaku pihak sekolah membuat beberapa pamflet dan baliho, agar siapa saja yang masuk di lingkungan sekolah ini tidak bisa merokok,” jelasnya.

Terutama, lanjut dia, orang tua siswa, guru-guru dan seluruh siswa.

“Kami semua di sekolah telah berkomitmen bahwa sudah ada surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota kendari, menyampaikan bahwa disekolah tidak boleh ada asap rokok,” ucapnya. (14/12).

Dia mengaku bersyukur, untuk di lingkungan SMPN 12 Kendari, sudah tidak ada lagi terlihat asap rokok maupun bekas puntung rokok.

“Walaupun ada guru yang mau merokok, guru tersebut harus keluar dari lingkungan sekolah, seperti mencari kawasan terbuka (di luar sekolah) untuk merokok,” ungkapnya.

Pihaknya mengatakan, terkadang juga masih ada orang tua siswa yang merokok di lingkungan sekolah, namun pihak sekolah dengan sigap memberikan pemahaman dengan baik dan bijak.

“Selain itu, bila ada siswa yang kedapatan merokok, kami akan berikan sanksi yang tegas yaitu dikeluarkan dari sekolah,” tegasnya.

Selain sanksi tegas dari larangan merokok, ada pula beberapa tata tertib siswa yang memungkinkan siswa dikeluarkan dari sekolah jika dilanggar. Yakni, mencuri, bebuat asusila dan penggunaan narkoba. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top