Sultra “Siaga” Bencana – FAJAR Sultra
News

Sultra “Siaga” Bencana

KENDARI – Setelah melewati masa persiapan, pelatihan dasar, pelatihan keahlian dan persiapan formalisasi sistem Komando Tanggap Darurat Bencana Provinsi Sultra, kini sistem yang melibatkan seluruh instansi terkait mulai dari TNI, PMI, Kepolisian, SAR, dan BPBD melakukan uji lapangan untuk melihat kemampuan Komando Tanggap Darurat Bencana.

Gladi lapangan terkait penanggulangan bencana di Lapangan Benubenua, Kamis (15/12).

Ujian tersebut diselenggarakan di Kodim 1417 Kendari selama tiga hari dan dihadiri beberapa komando tanggap darurat dari beberapa luar provinsi Sultra. Hal ini diungkapkan Kepala BPBD Sultra, Boy Ihwansyah, kemarin.

Kata dia, bukan hanya uji sistem yang dilakukan, pihaknya juga melakukan simulasi atau gladi lapangan terkait penanggulangan bencana khususnya banjir pada 15 Desember, di Lapangan Benubenua.

“Sebelumnya kan sudah ada pelatihan-pelatihan. Nah, hari ini baru dilakukan ujian sistem. Selanjutnya dilakukan simulasi lapangan,” terangnnya.

Hal senada diungkapkan Komandan Kodim 1417/Kendari, Letkol Kav Eko Hermawan Yuniarso, SIP. Eko yang juga menjabat sebagai Komando tanggap darurat bencana itu, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurutnya, dengan kegiatan itu akan memberikan pengetahuan dalam melakukan tindakan cepat menanggulangi bencana yang akan terjadi.

Dirinya juga mengaku, kegiatan itu memberikan pengetahuan kepada peserta dalam langkah-langkah strategis meminimalisasi jumlah korban, jika ada bencana alam seperti banjir.

“Kebetulan pimpinan daerah menunjuk Kodim sebagai Komando tanggap darurat bencana. Makanya kegiatannya digelar di Kodim. Kami berharap sekali kegiatan ini dapat bermanfaat dengan baik, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tutupnya. (m4/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top