Asrun: Pembukaan Jalan Baru Tuntas 2017 – FAJAR Sultra
News

Asrun: Pembukaan Jalan Baru Tuntas 2017

KENDARI — Pemerintah kota Kendari memastikan pembangunan sejumlah ruas jalan baru terus dikebut, sebagai respon dari pertumbuhan kota yang begitu pesat saat ini. Bahkan Pemkot menargetkan pembukaan jalur-jalur tersebut tuntas 2017.

Diantaranya pembangunan jalur lingkar luar kota, dan jalan-jalan dalam kota juga dibuatkan dua jalur. Langkah tersebut sengaja dilakukan guna mengantisipasi masalah perkotaan di masa mendatang.

Pembukaan jalan baru yang tengah dilakukan Pemkot Kendari, Walikota Kendari Ir Asrun menargetkan pembukaan jalan tersebut rampung ditahun 2017.

“Perkembangan kota yang tumbuh begitu pesat, harus segera diantisipasi, agar tidak menjadi persoalan dikemudian hari, seperti menyiapkan akses transportasi, berupa jalan, jembatan dan pembukaan jalan baru yang membuka akses wilayah-wilayah pemukiman warga,” tutur Walikota Kendari Ir Asrun, kemarin.

Saat ini, lanjutnya, jalur lingkar luar yang telah rintis pembukaannya, dan kini telah rampung dibuka, bahkan sebagian kini telah teraspal. Seperti di wilayah Bungkutoko, jalur lingkar luarnya kini telah mulai diaspal.

Hadirnya jalur-jalur baru ini, lanjutnya juga akan memberikan pilihan alternatif bagi masyarakat, atas jalur yang akan dilaluinya. Dengan demikian, penguna jalan bisa menghemat jarak tempuh dan waktu, sebab banyak pilihan ruas-ruas jalan alternatif yang dibangun.

“Saya contohkan, kota terdekat dari Kendari salah satunya adalah kota Makassar, kota ini terlambat melakukan perencanaan jalan. Sekarang ini, sudah tidak bisa lagi kota Makassar membangun jalan lingkar luar. Kemacetan sudah terjadi, karena tidak adanya jalan-jalan alternatif yang disiapkan. Sedangkan jalan tol juga sangat sulit dibuat, dan biayanya sangat besar,” jelasnya.

Harunsya perencanaan dilakukan dari awal dan jangan terlambat, agar masalah-masalah perkotaan di kemudian hari bisa dicegah, dengan membangun berbagai sarana dan prasarana perkotaan.

Saat ini pula, pihaknya telah jalur Tabanggele yang kini telah berhasil dibuka dan telah dirampungkan pembukaannya, selanjutnya pihaknya merampungkan pengaspalan.

“Mudah-mudahan diakhir masa jabatan saya, rute ini sudah bisa digunakan dengan posisi dua jalur,” sebutnya.

Tahun depan, pihaknya juga akan menambah asesoris di jalur tersebut, “Kita akan pakaikan lampu jalan, dan lampu merah, biar penguna jalur tersebut bisa tertib dan lancar,” sebutnya.

Dirinya juga sudah berkunjungan kesejumlah ruas jalan tersebut, untuk melihat perkembangan pembangunan jalan tersebut.

Pembukaan jalan baru dikerjakan dengan sistem tahun, jamak atau multi years ini sudah menyerap anggaran sekitar Rp85 miliar. (ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top