Hakim Tolak Praperadilan Dua Tersangka PLM – Fajar Sultra
News

Hakim Tolak Praperadilan Dua Tersangka PLM

KENDARI– Dua tersangka kasus dugaan korupsi PT Panca Logam Makmur (PLM) yakni Rizal Taufik Fahreza selaku Mantan Staf Direktur PTPLM dan Kepala Keuangan PTPLM Madesu Tastra sepertinya tidak seperti nasib Falahwi Mujur Saleh yang merupakan tersangka PLM yang menang dalam praperadilan beberapa waktu lalu.

Pasalnya, dua tersangka yang mengakibatkan kerugian negara hingga Rp 9 miliar itu tidak dikabulkan oleh hakim di PN Kendari atas tutuntannya terhadap Kejaksaan Tinggi (Kejati Sultra) yang dinilai tidak prosedural dalam penahanan dan penetapan tersangka terhadap dua tersangka tersebut.

Sebelumnya, tersangka lainnya yakni Falahwi Mujur Saleh dinyatakan diterima tututannya oleh majelis hakim karena dinilai penangkapan PLT direktur PLM tahun 2011-2015 itu tidak sesuai prosedur, sehingga hakim meminta agar Falahwi dikeluarkan dari rumaha tahanan. Sayangnya, keluarnya Falahwi dari tahanan tidak membuat diam penyidik Kejati.

Sebab, dua hari setelah dikeluarkan dari tahanan, kejati kembali mengeluarkan surat perintah penyidikan baru dengan pokok perkara yang sama, yakni dugaan manipulasi hasil penjualan prouksi emas yang mengakibatkan kerugian negara.

Sedangkan untuk dua tersangka lainnya, tidak diterima hakim dan tetap dilakukan penahanan. Karena hakim menilai apa yang dilakukan penyidik sudah sesuai aturan yakni melayangkan surat peanggilan dan penahan terhadap dua tersangka tersebut.

Dengan demikian, penyidik Kejati melanjutkan pengumpulan berkas untuk dua tersangka tersebut agar segera dilimpahkan di pengadilan untuk diadili.

Kasi penkum dan Humas Kejati Sultra, Janes Mamangkey mengatakan, bukan hanya untuk dua tersangka tersebut yang dilengkapi berkasnya, namun pihaknya juga terus melengkapi berkas untuk Falahwi Mujur Saleh.

“Alhamdulillah, kejaksaan menang dari praperadilan dua tersangka ini, putusannya pekan lalu. Saat ini masih dilakukan kelengkapan berkas agar supaya cepat dilimpahkan. Begitupula dengan Falahwi. Karena kan Falahwi hanya keluar dari tahanan, tapi dia tetap tersangka, makanya berkasnya masih dilengkapi,” tutupnya. (m4/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top