TPAS Puwatu Dilengkapi Berbagai Fasilitas – FAJAR Sultra
News

TPAS Puwatu Dilengkapi Berbagai Fasilitas

pemandangan-salah-satu-sudut-TPA-Sampah-Puwatu

KENDARI – Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Puwatu, yang menjadi kini menjadi TPAS terbaik diindonesia kini dilengkapi dengan fasilitas hiburan, yakni flying fox (FF), yang merupakan pengembangan fasilitas wisata di kawasan pembuangan sampah terbaik di Indonesia.

Salah satu sudut di TPAS Puwatu. Dilokasi ini telah dibangun beberapa fasilitas publik, diantaranya arena bermain flying fox (FF).

Pembangunan FF memang sudah lama direncanakan, setelah TPAS Puwatu naik status meraih berbagai penghargaan nasional.

Disamping karena kondisi areal TPAS Puwatu yang berada diperbukitan dan pemandangannya yang sangat indah, sehingga dinilai sangat cocok lengkapi sarana FF, untuk menambah daya tarik warga berkunjung di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kendari Tin Farida, menuturkan, pihaknya membangun dua unit flying fox dengan panjang 200 meter untuk orang dewasa, dan satunya lagi 50 meter untuk anak-anak.

“Pembuatan flying fox merupakan salah satu item yang disetujui untuk dikerjakan pada tahun ini, beserta beberapa item pekerjaan lainnya diantaranya pembuatan gazebo di bagian atas tempat meluncur, dan di bagian bawah tempat mendarat,” ujarnya.

Pembangunan ff menghabiskan anggaran sekitar Rp200 juta bersumber APBD 2016.

Selain berfungsi sebagai pengendali pencemaran, TPA Sampah Puuwatu bisa berfungsi sebagai sarana edukasi dan wisata bagi semua kalangan yang menjadi alasan pembangunan flying fox.

Tin mengaku, saat ini, TPAS Puuwatu telah menjadi rujukan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia, yang ingin mengembangan pengelolaan pembuangan akhir sampah. (hms)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top