Ada Peluang Lowongan CPNS Dibuka 2017 – FAJAR Sultra
News

Ada Peluang Lowongan CPNS Dibuka 2017

KENDARI – Setelah lama ditutup, pemerintah akan kembali membuka penerimaan CPNS tahun 2017. Hal itu terungkap pada rapat bersama seluruh kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se Indonesia Timur, baru-baru ini.

Namun dalam penerimaannya nanti, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan catatan, yakni keuangan negara memungkinkan untuk menerima pegawai, maka bukan tak mungkin penerimaan dilakukan untuk mengisi 30.000 formasi CPNS.

“Hasil rapat kami bersama seluruh BKD se-Indonesia Timur, memang ada permintaan penerimaan CPNS tahun 2017, baik formasi umum ataupun tenaga dengan perjanjian kontrak (P3K), tapi belum difinalkan,” ungkap Kepala BKD Sultra Hj Nur Endang Abbas saat rapat bersama DPRD Sultra, pekan kemarin.

Penerimaan itu lanjutnya, tergantung dari kemampuan keuangan negara, atau akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran negara.

Makanya, pemerintah pusat mewacanakan adanya penerimaan. Dengan alasan, jika pemerintah memiliki kemampuan keuangan, paling tidak sudah dapat mengestimasi anggaran belanja pegawai yang akan digelontorkan ditahun 2017.

“Tapi itu kan tergantung keuangan negara. Kita tidak punya kewenangan sampai disana. Mudah-mudahan kita berharap keuangan negara kita cukup, jadi penerimaan bisa dilakukan 2017,” harap mantan Sekretaris Bappeda Sultra ini.

Meski demikian, lanjutnya, Pemprov Sultra sendiri sudah mengajukan formasi beberapa tenaga CPNS yang dibutuhkan di Pemprov Sultra, melalui e Formasi sejak akhir 2015 lalu.

Termasuk jumlah kebutuhan pegawai dengan analisis jabatan dan analisis beban kerja, hingga lima tahun kedepan.

Dirinya melihat pemerintan pusat tahun ini nampaknya belum mau menerima pengangkatan CPNS, hal ini dibuktikan dengan melihat rekrutmen bidan PTT dan guru terpencil yang dilakukan pada Oktober lalu, bahkan sudah tes dan sudah diumumkan, hingga kini belum diangkat sebagai pegawai (PNS).

Padahal, melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk Bidan PTT menyetujui untuk dijadikan pegawai dengan melalui tes CPNS. Begitu pula dengan guru terpencil.

“Padahal itu hasilnya sudah dilaporkan ke presiden untuk bagaimana diakomodir. Tapi sampai sekarang belum ada jawaban. Padahal mereka sudah lulus ujian tesnya. Makanya kita berharap khusus yang di Sultra Bidan PTT dan guru terpencil yang sudah tes, juga bisa diangkat menjadi PNS tahun depan,” pungkasnya. (r3/b/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top