Disinyalir Pembayaran Honor PHL Dinkes Konkep Disunat – FAJAR Sultra
News

Disinyalir Pembayaran Honor PHL Dinkes Konkep Disunat

LANGARA – Meski pembayaran jasa paramedis tenaga kesehatan dan jasa non paramedis atau honor Pegawai Harian Lepas (PHL) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Tahun 2016 sudah dibayarkan namun menyimpan banyak masalah, pasalnya 103 orang PHL yang seharusnya dibayarkan dua belas bulan justru hanya dibayar empat bulan saja.

“Kita hanya dibayar empat bulan sama bendahara dinas tapi dikasih tanda tangan enam bulan, ini aneh. Kita sudah satu tahun mengabdi masa dikasih begitu, itupun yang empat bulan masih dipotong lagi empat puluh ribu perorang,” keluh salah seorang PHL yang enggan disebutkan namanya, Minggu (18/12).

Jika Dinkes Konkep beralasan bahwa dana yang harus dibayarkan kepada 103 orang PHL tidak cukup itu hal yang tidak masuk akal katanya, karena menurutnya Bupati tidak akan mungkin menandatangani Surat Keputusan (SK) pengangkatan honorer kalau tidak mengacu ke Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Kami juga sudah tanyakan ke Dinas kenapa hanya dibayar empat bulan tapi dikasih tanda tangan enam bulan, katanya uang tidak cukup, mau dikasih sebagian teman-teman (PHL),” bebernya.

Saat dikonfirmasi kepada bendahara Dinkes Konkep, Iwan melalui Watshap mengatakan bahwa itu arahan Kadinkes Konkep.

“Itu arahannya pak Kadis, dan begitumi saya dikasih tau, nda mungkin saya mau cairkan lebih dari arahan,” singkatnya.

Saat dikonfirmasi Kadis Kesehatan Konkep, Muh Nasir melalui via selularnya membantah melakukan pemotongan hanya saja katanya untuk membayarkan 103 orang PHL itu harus dibayarkan empat bulan karena dana yang tersedia dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2016 tidak cukup untuk membayarkan 103 orang PHL sehingga sebagai bahan pertanggung jawaban maka PHL harus bertanda tangan enam bulan.

“Supaya semua kebagian pak, masa ada yang mau mandi ada yang tidak mandi, jadi pengaturannya begitu pak, tapi yang diterima semua orang (PHL) empat bulan yang ditandatangani enam bulan,” singkatnya.

Berdasarkan penelusuran jurnalis Rakyat Sultra, bahwa dana yang diposting DPPKAD ke bank Sultra Langara sebesar Rp. 507.670.000 ke rekening Dinkes Konkep. (cr1/b/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top