Gubernur: Bombana Harus Bangga Punya Pj Bupati Perempuan – FAJAR Sultra
News

Gubernur: Bombana Harus Bangga Punya Pj Bupati Perempuan

PJ Bupati Bombana saat memimpin upacara puncak HUT Bombana ke-13 di Kasipute, Minggu (18/12).

KENDARIPOS.CO.ID,KASIPUTE—Gubernur Sultra, Dr H Nur Alam SE MSi menilai kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Bombana, terkhusus perempuannya sangat mumpuni. Salah satu indikatornya adalah, Pj Bupati perempuan pertama di Sultra ada di Bombana. Demikian juga wakil bupati definitif perempuan setelah di Kolut juga di Bombana .

“Walaupun ibu Siti Saleha ini statusnya Pj, tetapi dia melaksanakan tugas sebagaimana halnya bupati definitif. Bombana harus berbanga punya srikandi-srikandi yang handal, punya Pj Bupati perempuan. Olehnya, dukung pj bupati dalam melaksanakan semua tugasnya di Bombana ini,” kata Nur Alam, saat memberikan sambutan di acara malam ramah tamah hari ulang tahun (HUT) Bombana ke-13, Minggu (18/12) malam.

Nur Alam memuji peran Pj Bupati Bombana, Sitti Saleha. Meski baru empat bulan memimpin Bombana, Sitti Saleha dinilai banyak memberikan perubahan. “Segala sesuatu yang dikerjakan oleh perempuan ternyata nuansanya beda dengan yang dikerjakan laki-laki,” kata Nur Alam.

Disamping jiwanya lembut dan menggambarkan karakter secara umum, penjabat wanita, ternyata juga arif dan bijaksana. Oleh karena itu, gubernur meminta kepada semua pejabat yang merasa diri laki-laki agar memberikan dukungan terhadap Pj bupati, agar dalam mengembang tugas, apalagi tugas yang dibebankan hanya sementara. Waktu yang singkat sambung Nur Alam sangat strategis membuat memontem itu menjadi momentum yang strategis. Tapi jika tidak ditunjang kuat dari semua pihak, maka waktu yang singkat itu akan sia-sia.

Nur Alam pun sekali lagi meminta seluruh masyarakat Bombana dan jajaran penjabat yang merasa diri laki-laki berilah bantuan dan dukungan kepada penjabat bupati yang wanita. “Gunakan otak dan otot untuk mempercepat pembangunan daerah Bombana agar bisa lebih berkembang dan maju. Jangan gunakan otot pada hal-hal yang tidak konstruktif bagi jalannya roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” ungkap Nur Alam.

Dalam rangkaian HUT Bombana ke 13, Minggu (18/12) pagi telah dilaksanakan upacara puncak peringatan yang dipimpin Pj Bupati Bombana, Sitti Saleha, di ruang terbuka hijau, eks MTQ, Kasipute. Pada HUT ke 13 Bombana, turut dihadiri unsur Forkompinda, Pj Bupati Buton Selatan, Ila Ladamay, mantan Bupati Bombana, Atikurahman serta mantan Wakil Bupati Bombana, Hj Masyura Ila Ladamay. Usai seremoni HUT Bombana, dilanjutkan dengan rapat paripurna istimewa di gedung DPRD. Dalam paripurna itu, dihadiri 14 dari 25 anggota DPRD Bombana.

Saat menyampaikan sambutan di hadapan anggota rapat paripurna istimewa, Pj Bupati Bombana Hj Sitti Saleha mengatakan, di usia Bombana yang telah menginjak 13 tahun, banyak tantangan dan rintangan yang telah dihadapi, khususnya dalam rangka percepatan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. Olehnya itu, sebagai warga Bombana, dirinya mengajak untuk terus berkontribusi pada pembangunan, serta menjadikan peringatan hari jadi ke 13 menjadi momentum penting mengenang masa lalu dan intropeksi untuk peningkatan intervensi pembangunan di masa datang.

“Usia ke 13 ini dapat dikatakan sedang dalam masa-masa pertumbuhan. Banyak catatan sejarah yang mengiringi setiap hembusan nafas perjalanan Kabupaten Bombana untuk dapat sejajar dengan kabupaten lain. Kita telah melewati berbagai macam kondisi, pahit, manis dan getir perjalanan kehidupan dalam mengembangkan Kabupaten Bombana,” kata Sitti Saleha.

Menurut Sitti Saleha, memasuki usia 13 tahun, Bombana masih terus berbenah. Berbagai infrastruktur yang sudah ada masih perlu terus dikembangkan. Mulai infrastruktur jalan, jembatan serta sarana dan prasarana umum lainnya. Sitti Saleha mengaku, di masa jabatannya yang sangat terbatas saat ini, dia juga akan memperjuangkan tanah kelahirannya itu sejajar dengan daerah lain. Bahkan di tahun 2017 ini, dia telah memprogramkan berbagai hal untuk kemajuan tanah kelahirannya itu.

Sitti Saleha juga mengungkapkan, setelah hampir 4 bulan bersama seluruh masyarakat Bombana, banyak dinamika yang terjadi. Dengan tidak mengesampingkan peran dan hasil pembangunan yang telah dicapai sebelumnya. Dia juga mengapresiasi prestasi dan keberhasilan pembangunan selama ini. Hasil positif yang telah dicapai tentunya sangat dirasakan oleh masyarakat dan berkat kegotong royongan. “Kebersamaan dari waktu ke waktu, setapak demi setapak, kita beerhasil melangkah kedepan menuju harapan yang dicita-citakan, berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi serta berkepribadian di bidang budaya,” ungkap Sitti Saleha. (nuriadi)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top