Wakatobi Wave Menampilkan Aneka Ragam Budaya – Hacked by TryDee
News

Wakatobi Wave Menampilkan Aneka Ragam Budaya

WAKATOBI – Pembukaan Wakatobi wanderfull and ekspo (Wave), Kamis (15/12/2016) dimeriahkan parade budaya masyarakat Wakatobi dari empat pulau berbeda yakni, Wangiwangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Parade budaya kansoda’a meriahkan pembukaan Wakatobi Wave, Kamis (15/12/2016).

Pembukaan di hadiri sejumlah tamu undangan diantaranya, perwakilan Ppemprof Sultra, Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud, sejumlah deputi pada Kementerian Pariwisata, anggota DPRD Seram Barat, toko adat, tokoh agama, tokoh masyarakat se-wakatobi beserta forum kordinasi pimpinan daerah.

Sesuai tema yang di usung, Gana Pulo Salaro, yang berarti empat pulau berbeda tapi satu hati, menampilkan sejumlah parade budaya. Disamping untuk memeriahkan pembukaan, parade di maksudkan untuk lebih mempererat tali persaudaraan masyarakat Wakatobi lewat keragaman budayanya.

Diantaranya, lebih dari seratus tandu untuk memikul para gadis atau kansoda’a dalam bahasa wakatobi ikut ditampilkan.

Disamping itu, parade budaya lain seperti hebalu-balu lungka yang di suguhkan masyarakat Tomia ikut memeriahkan suasana. Tak hanya itu, budaya masyarakat Kaledupa dan Binongko juga ikut di pertunjukan dalam pembukaan Wakatobi Wave yang ke dua tersebut.

Tak ketinggalan pula, budaya ayunan jodoh (kabuenga) menjadi pertunjukan penutup dalam kegiatan yang di hadiri ribuan masyarakat Wakatobi itu.

Bupati Wakatobi, H. Arhawi memaknai penyelenggaraan Wakatobi Wave ke dua ini merupakan cerminan tingginya komitmen dan eksistensi Pemda dalam menyambut di tetapkannya Wakatobi sebagai salah satu dari 10 top destinasi pariwisata nasional.

” Keberagaman budaya kita tercermin dalam proses parade budaya. Ini sangat sejalan dengan keberadaan komunitas adat, musik tradisional, tradisi lokal, kuliner lokal dan kekayaan budaya lainnya yang kita miliki,” tutur Arhawi dalam sambutannya pada pembukaan Wakatobi Wave di hadapan para tamu undangan.(p14/b/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top