Air Keruh dan Berlumpur, Warga Demo PDAM – Fajar Sultra
News

Air Keruh dan Berlumpur, Warga Demo PDAM

KENDARIPOS.CO.ID KOLAKA- Ketidakpuasan masyarakat Kota Kolaka terhadap pelayanan PDAM memuncak pada Senin (19/12) kemarin. Ratusan warga Kota Kolaka melakukan aksi unjukrasa di Kantor DPRD Kolaka. Para demonstran mendesak wakil rakyat untuk segera memberikan solusi terhadap permasalahan PDAM. Sebab, layanan PDAM selama ini dinilai tidak maksimal.

Korlap aksi, H Yunus Page mengesalkan sikap PDAM Kolaka yang tidak maksimal dalam memberikan pelayanan. Alasannya, kualitas air yang diberikan oleh PDAM tidak layak. Dimana air yang sampai ke rumah warga terkadang keruh dan berlumpur. Selain kualitas, air PDAM terkadang juga tidak mengalir ke rumah warga selama beberapa hari, meskipun setiap bulannya warga telah melakukan pembayaran. Kata Yunus, kondisi tersebut sudah berlangsung sekitar enam bulan. Dengan demikian, ia bersama warga mendatangi gedung DPRD untuk menyampaikan persolan tersebut agar segara diselesaikan oleh Pemda Kolaka.

“Kami masyarakat mengharapkan ada kerja konkrit atau solusi untuk meyelesaikan persolan air bersih melalui PDAM. Ini harus menjadi perhatian para wakil rakyat dan keluhan kami ini harus disampaikan kepada bupati. Supaya masalah ini cepat diselesaikan,” tukasnya.

Sekitar satu jam berunjukrasa di Kantor DPRD Kolaka, massa melanjutkan aksi di Kantor PDAM Kolaka. Beberapa saat kemudian, PDAM dan DPRD menggelar rapat untuk mencari solusi agar masyarakat Kota Kolaka mendapatkan layanan yang lebih baik.

Direktur PDAM Kolaka, Ahmad Peokan yang ditemui seusai rapat dengan Anggota DPRD Komisi II menuturkan, penyebab tidak maksimalnya layanan PDAM selama ini adalah kerusakan mesin yang ada di Kelurahan Sakuli dan waktu yang dibutuhkan agar mesin tersebut kembali normal yaitu sekitar sebulan. Kendati demikian, pihaknya masih memiliki mesin lain. Hanya saja, mesin tersebut kualitasnya tidak seperti mesin yang rusak itu.

“Saat ini yang terpakai mesin 60. Sedangkan yang rusak itu mesin 150. Jadi solusinya itu, kami akan layani dengan mengantarkan mobil tangki ke jalan-jalan. Dan bagi warga yang membutuhkan air, silahkan saja ambil air yang telah kami sediakan itu secara gratis,” tukasnya. (fad/b)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top