Dana Rutin Sekolah Selama Dua Bulan Hangus – FAJAR Sultra
News

Dana Rutin Sekolah Selama Dua Bulan Hangus

WANGGUDU – Seluruh sekolah di kabupaten Konawe Utara nampaknya harus gigit jari. Pasalnya, dana rutin sekolah di kabupaten Konawe Utara selama dua triwulan hangus dan tidak bisa dicairkan lagi.

Kabar yang tidak baik ini spontan membuat gusar pihak sekolah. Dana tersebut akan digunakan sebagai penunjang kegiatan sekolah. Apalagi pihak sekolah telah mengutang untuk menutupi operasional sekolah.

“Semua kegiatan sekolah selama ini terpaksa kita tutupi dengan mengutang. Jadi bagaimana kalau anggaran itu tidak cair,” ucap bendahara SMP Negeri 1 Oheo, Samsuddin yang diiyakan bendahara sekolah lainnya.

Menurut para bendahara sekolah, hangusnya anggaran rutin tersebut pasca APBD Perubahan. Tapi seharusnya, satu triwulan, yakni triwulan ketiga bisa dicairkan karena perubahan selesai pada September.

Permasalahan itupun baru terjadi setelah pencairan anggaran rutin diambil alih oleh Dinas Pendidikan. Sementara sebelumnya pencairan dilakukan oleh Kepala Dinas Cabang (KCD).

“Kalau memang triwulan keempat tidak bisa dibayarkan tidak masalah. Tapi kalau bisa triwulan ketiga dibayarkan,” pinta para bendahara.

Persoalan rutin sekolah tersebut telah dilaporkan ke bupati. Ruksamin pun memerintahkan kepada para bendahara memasukkan laporan secara tertulis.

Sementara Plt BPKAD Konut, Marthen Minggu membenarkan hal itu. Permasalahan itu bukan kesalahan keuangan, tetapi pihak Dinas Pendidikan karena tidak mengajukan permintaan anggaran.

“Kalau anggaran itu ada, tapi mereka yang tidak mengajukan anggaran. Katanya tidak diajukan karena SPJ dari sekolah terlambat dikumpul. Sementara untuk pencairan rutin sampai 15 Desember,” katanya, Selasa (20/12). (hdi/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top