Kejati Belum Tetapkan Tersangka Korupsi Dikbud Baubau – Fajar Sultra
News

Kejati Belum Tetapkan Tersangka Korupsi Dikbud Baubau

KENDARI – Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, hingga kini belum menetapkan siapa tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial pengadaan alat bantu belajar untuk PAUD dan TK di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Baubau.

Padahal, semenjak kasus tersebut diambil alih Kejaksaan Tinggi dari Kejari Baubau, status dari dugaan korupsi yang mengakibatkan kerugian hingga puluhan juta tersebut langsung dinaikan ketingkat penyidikan.

Hingga saat ini, penyidik juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 18 orang saksi untuk dimintai keterangannya, diantaranya 14 orang kepala sekolah PAUD, Kadikbud Baubau dan Kabid PAUD. Sayangnya, dari total saksi yang telah diperiksa, penyidik juga belum menetapkan siapa tersangkanya.

“Belumlah, kita masih tunggu kewenangan dari pimpinan untuk menetapkan tersangka,” terang Kasipenkum dan Humas Kejati Sultra, Janes Mamangkey.

Jenes menjelaskan, bansos tersebut berasal dari Kemendikbud yang diperuntukan bagi 14 satuan pendidikan Paud. Jumlah dana yang diterima PAUD bervariasi, yakni ada yang Rp 8 juta, Rp 5 juta dan ada juga Rp 4 juta.

Namun anggaran tersebut, sambung Janes tidak semua sekolah yang menggunakannya. Yakni ada dua PAUD yang tidak menggunakan anggaran tersebut karena dinilai tidak wajar. Olehnya, pihaknya akan menyita dana tersebut sebagai barang bukti.

“Bantuan Sosial dari Kemendikbud. Tapi kepala dinas tidak tahu-menahu soal bantuan ini. Kemungkinan ada calo soal bantuan ini. Karena ditengarai dana tersebut tidak semua masuk kerekning masing-masing sekolah. Maknya penyidik masih mencari tau kemana saja anggaran itu. Kemungkinan dalam waktu dekatlah,” tutupnya. (m4/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top