Pengisian Jabatan Eselon II di Tangan Gubernur – FAJAR Sultra
News

Pengisian Jabatan Eselon II di Tangan Gubernur

KENDARI – Dalam waktu dekat ini, pelantikan pejabat eselon II lingkup Pemprov Sultra bakal dilakukan. Tak lain dengan maksud melaksanakan kewajiban dalam rangka pelaksanaan tata laksana dan organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru untuk tahun 2017. Maka akan dilakukan pelantikan serentak.

Syahruddin Nurdin

Menariknya, pejabat yang akan mengisi kursi pimpinan SKPD nantinya apakah masih seperti yang ada saat ini atau ada pergeseran (mutasi), dari jabatan yang lama ke yang baru atau bahkan diganti. Semuanya jadi kewenangan Gubernur Sultra Nur Alam.

Kepala Biro Organisasi Setprov Sultra Syahruddin Nurdin mengungkapkan pengisian daftar nama pejabat eselon II, dalam hal ini semua kepala SKPD baik dinas, badan, kantor, biro maupun staf ahli sudah ditangan Gubernur Sultra. Sayangnya, dirinya tidak mengetahui secara rinci, apakah ada yang bergerser, tetap ataupun diganti.

“Tapi semuanya sudah selesai penyusunannya. Tinggal menunggu finalisasi dari pengisian itu. Karena semuanya Bapak Gubernur yang punya wewenang untuk menetapkan, mengangkat ataupun memberhentikan itu (pejabat eselon II). Jadi kita menunggu hasilnya,” ungkap Syahruddin, Rabu (21/12) di kantornya.

Terkait jadwal pelantikan pejabat dia belum mengetahui pasti. Namun, menurutnya pelantikan serentak akan diawali dengan pelantikan serentak para pejabat eselon II. Selanjutnya menyusul dalam waktu yang berbeda para pejabat eselon III dan IV lingkup Pemprov Sultra.

“Kalau soal pelantikan juga, kita belu tau pasti. Tapi kita tunggu perintah. Kemungkinan akhir Desember ini,” ujarnya.

Jumlah keseluruhan SKPD lingkup Pemprov Sultra berdasarkan perda kelembagaan yang dibentuk atas amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur SKPD yakni sebanyak 53 perangkat daerah, terdiri dari 25 dinas, 9 badan, 9 biro, 3 staf ahli, 3 asisten, sekretariat daerah, sekretariat DPRD, inspektorat, serta satuan polisi pamong praja (Satpol PP).

Sementara pejabat yang ada mulai dari pejabat eselon 1B satu orang Sekretaris Daerah (Sekda), eselon IIA 42 orang, eselon IIB 9 orang, dan eselon III A satu orang. (r3/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top