Peringati Maulid Nabi, Nur Alam Hadirkan Ketua MUI Sulsel – FAJAR Sultra
News

Peringati Maulid Nabi, Nur Alam Hadirkan Ketua MUI Sulsel

KENDARI – Pemprov Sultra menghadirkan ulama besar Sulawesi Selatan (Sulsel), KH Sanusi Baco, Lc yang juga sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, dalam peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1438 Hijriah tahun 2016, yang bertempat di aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Rabu (21/12).

Gubernur Sultra Nur Alam saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1438 Hijriah tahun 2016, di aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Rabu (21/12).

Gubernur Sultra Nur Alam mengungkapkan rasa terima kasih kepada KH Sanusi Baco yang bersedia memenuhi undangannya hadir membawakan hikmah maulid di Kota Kendari. Apalagi, jika melihat kondisis fisiknya, tidak memungkinkan untuk datang di Kendari. Namun atas kecintaannya kepada umat Nabi Muhammad SAW, maka bersedia memenuhi undangan.

Nur Alam juga menyanjung apa yang telah dibawakan KH Sanusi Baco. Hikmah Maulid Nabi yang dibawakan, sangat lengkap kajiannya. Meski dibawakan dalam bahasan yang ringan tapi kajiannya sangat lengkap dan paripurna sertu utuh.

“Dimana perlu kita ketahui bersama, hikmah yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, berbangsa dan benenegara terhadap tauladan Rasullalah, baik dalam aspek bermasyarakat, kehidupan sosial, ekonomi maupun dalam hal pelayanan kepada masyarakat,” tutur Nur Alam saat memberikan sambutan.

Sebagai pemimpin, baik jajaran pemerintah maupun dalam kehidupan berumah tanggal, ada dua hal yang saling berkaitan satu sama lainnya. Dalam jajaran pemerintahan, sering kali diperhadapkan denagn tuntutan kewajiban yang harus dipenuhi, begitu pula dalam kehidupan rumah tangga.

“Makanya, pentingnya kita semua meneladani kehidupan Nabi Muhammad. Bukan hanya mengurus negara, masyarakat, sosial, ekonomi dan juga keluarga. Tapi semuanya sukses dan penuh kelembutan dan keteladanan,” katanya.

Sementara itu, KH Sanusi Baco saat membawakan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW mengatakan, peringatan maulid nabi setiap tahun dilaksanakan menandakan kecintaan umat Nabi Muhammad SAW terhadap tauladannya dan ajarannya. Selain itu, peringatan seperti ini dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam meneladani sikap dan perbuatan, terutama akhlak mulia dan agung Rasullullah.

“Sesuai tauladan yang diberikan Rasullah SAW, maka segala tingkah laku dan perbuatan kita dalam kehidupan keseharian, harus sesuai dengan ajaran Islam sebagai agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW, harus menjadi rahmatan lil alamin, rahmat bagi semesta alam,” ungkapnya.

Mentauladani Rasulullah SAW, berarti bersungguh-sungguh mempelajari kehidupannya, mengamalkan perintahnya, melaksanakan sunah-sunahnya, dan ikhlas berjuang dalam rangka menjadikan generasi Islam menjadi lebih baik.

Rangkaian peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, juga diperlombakan menghias telur male, yang diikuti seluruh SKPD lingkup Pemprov Sultra. Hasil penilaian panitian PHBI Sultra, Tim PKK Provinsi dinyatakan sebagai pemenang pertama, dan pemenang kedua dari biro hukum Sultra dan pemenang ketiga dari Dinas Ketahan Pangan Sultra serta pemenang harapan satu hingga harapan tiga. (r3/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top