Rp 28 Miliar untuk SMK – Fajar Sultra
News

Rp 28 Miliar untuk SMK

KENDARI – Pemerintah pusat mengalokasikan dana alokasi khusus (DAK) ke Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) Sultra ditahun 2017 nanti sebesar Rp 28 miliar. Anggaran itu cukup besar dibandingkan dengn tahun sebelumnya yang hanya sekira Rp 5 miliar.

Kadis Dikbud Sultra H Damsid mengungkapkan perhatian pemerintah dalam pengembangan sekolah menengah kejuruan (SMK) ditahun 2017 cukup besar. Dimana berdasarkan instruksi presiden, yang menfokuskan pemerataan kualitas lulusan SMK mesti jadi prioritas.

Yang mana, anggaran pengembangan sekolah SMK tahun 2017 cukup besar. “Dan memang khusus ke Sultra saja sebesar Rp 28 miliar dari dana DAK. Yang alokasinya untuk sarana dan prasarana peralatan SMK, Laboratoriun dan ruang praktek baru,” ungkap Damsid, belum lama ini.

Dana DAK tersebut akan dialokasikan untuk menunjang kualitas lulusan SMK. Makanya, menurut dia fokusnya untuk peningkatan peralatan, laboratorium dan ruang praktek.

Tetapi dirinya belum bisa memastikan secara rinci distribusi alokasi anggaran pengembangan SMK itu akan dialokasikan ke mana saja. Yang pastinya, pihaknya akan melakukan pendataan secara menyeluruh guna memastikan SMK mana yang membutuhkan peningkatan peralatan dan ruang praktek.

Persebaran SMK di Sultra Dmasid menyebutkan ada sebanyak 145 SMK, terbagi dalam 97 SMK negeri dan 56 SMK Swasta yang tersebar di 17 kabupaten kota. Sementara gurunya sebanyak 1776 orang.

Sedangkan anggaran untuk peningkatan SMA yang juga berasal dari DAK sebesar Rp 4 miliar. Dimana alokasinya akan digunakan untuk ruang kelas baru dan peralatan yang akan didistribusikan ke 270 SMA se Sultra. (r3/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top