Setahun, Sultra Diserbu 2.569 WNA – Hacked by TryDee
News

Setahun, Sultra Diserbu 2.569 WNA

KENDARI – Selama setahun mulai Januari sampai Desember 2016 Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tercatat mencapai 2.569 orang, dari berbagai negara di dunia.

Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)

WNA yang masuk didominasi warga negara China sebanyak 2 538 orang, sisanya ada yang berasal dari Amerika Serikat sebanyak 8 orang, Britania Raya 1 orang, Chili 1 orang, Finlandia 9 orang, India 3 orang, Jepang 3 orang, Malaysia 3 orang, Singapura 1 orang, Taiwan 1 orang dan Yaman 1 orang.

“Ribuan warga negara asing yang masuk ke Sultra itu, hasil yang didata Kantor Imigrasi tahun 2016,” kata Kepala Seksi Informasi Sarana Komunikaasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1A Kendari, Letehina, SH.

Menurut Letehina, dari ribuan WNA kebanyakan tersebar di beberapa kabupaten yakni Konawe, Bombana, Konawe Selatan (Konsel), Konut dan Kolaka.

Letehina mengakui, lima kabupaten tersebut merupakan daerah kaya akan sumber daya alamnya (SDA) utamanya nikel. “Jadi daerah itu merupakan rata-rata penghasil nikel dan sementara lagi gencar-gencarnya membangun proyek Smelter,” ujar Letehina.

Selain itu, WNA tersebut menjadi TKA di sejumlah perusahaan industri yang ada di Sultra, salah satunya PT. Virtue Dragon Nikel Industry Morosi di Kabupaten Konawe. Dikarenakan investor asal dari China ini, lebih memilih memakai TKA dengan alasan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sultra masih sangat minim.

Pihak perusahaan beralasan, lanjutnya, WNA tersebut nantinya akan pulang ke negaranya dan telah dijamin oleh perusahaannya tempat bernaung, setelah pembangunan smelter selesai.

Pada pembangunan smelter, tenaga lokal asal Sultra dinilai masih belum bisa menguasai teknik untuk mengoperasikan sejumlah alat berat, serta pemasangan mesin pabrik smelter di berbagai perusahaan tambang.

Keberadaan ribuan WNA itu lanjut Letehina, terdeteksi melalui aplikasi aqua, hasil kerjasama atau laporan pihak perusahaan, sekaligus penanggungjawab yang mendatangkan dan mengetahui keberadaan orang asing tersebut di provinsi Sultra.

Selain itu, WNA utamanya asal China yang masuk di Sultra rata-rata sudah dijamin, sekitar 42 perusahaan tempat mereka bekerja sebagai TKA dimana salah satunya adalah PT. Virtue Dragon Nickel Industry.

Dan secara resmi WNA yang masuk di Sultra rata-rata memiliki masa izin tinggal dari 60 – 90 hari maupun kunjungan wisata. “Izin tersebut sewaktu-waktu dapat diperpanjang serta dapat dialih statuskan,” tuturnya.

WNA yang masuk di Sultra seyogyanya resmi, namun fakta selama ini atau berdasarkan kejadian yang ditemukan di lapangan, kebanyakan WNA banyak mengalih statuskan dokumennya.

“Misalnya ada yang kita dapatkan di lapangan, ada orang asing pemegang visa kunjungan, dapat dialih status menjadi izin tinggal terbatas, Dan itu banyak yang menyalahgunakan,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam Undang-Undang nomor 6 tahun 2011 tetang keimigrasian pada pasal 1 ayat 21 hingga 24 dijelaskan bahwa ayat (21) izin Tinggal adalah izin yang diberikan kepada Orang Asing oleh Pejabat Imigrasi atau pejabat dinas luar negeri untuk berada di Wilayah Indonesia, ayat (22) Pernyataan Integrasi adalah pernyataan Orang Asing kepada Pemerintah Republik Indonesia sebagai salah satu syarat memperoleh Izin Tinggal Tetap, ayat (23) Izin Tinggal Tetap adalah izin yang diberikan kepada Orang Asing tertentu untuk bertempat tinggal dan menetap di Wilayah Indonesia sebagai penduduk Indonesia.

Selanjutnya, pada ayat (24) Izin Masuk Kembali adalah izin tertulis yang diberikan oleh Pejabat Imigrasi kepada Orang Asing pemegang Izin Tinggal terbatas dan Izin Tinggal Tetap untuk masuk kembali ke Wilayah Indonesia. Sedangkan pada ayat (26) Penjamin adalah orang atau Korporasi yang bertanggung jawab atas keberadaan dan kegiatan Orang Asing selama berada di Wilayah Indonesia. (p2/b/ags)

Daerah Sasaran TKA
1. Konawe.
2. Konut.
3. Bombana.
4. Konsel.
5. Kolaka.

Negara
1. China 2.538
2. AS 8
3. Inggris 1
4. Chili 1
5. Finlandia 9
6. India 3
7. Jepang 3
8. Malaysia 3
9. Singapura 1
10. Taiwan 1
11. Yaman 1

Total Keseluruhan WNA : 2.569

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top