Muhamadiyah Tolak Hasil Musda MUI Konut – Fajar Sultra
News

Muhamadiyah Tolak Hasil Musda MUI Konut

VELY/BKK
Agussalim

WANGGUDU, BKK– Hasil Musyawarah Daerah (Musda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menuai kontroversi. Perwakilan Muhammadiyah menolak hasil Musda yang berakhir dengan terpilihnya Ibrahim Wekero sebagai Ketua MUI Konut yang baru.

Salah satu pengurus Muhamadiyah Konut, Agusalim menegaskan, proses pemilihan ketua untuk periode baru ini tidak melibatkan seluruh anggota. Melainkan hanya ditentukan oleh anggota formatur yang berjumlah 12 orang.

Padahal menurutnya, seharusnya seluruh anggota dilibatkan untuk memberikan hak suaranya.

“Kami dari unsur Muhamadiyah menganulir hasil pemilihan kemarin. Kita tidak diberikan kesempatan untuk menggunakan hak pilih. Cuma anggota formatur. Ini yang jadi masalah. Padahal kita juga ada ditempat,” kata Agusalim kepada Berita Kota Kendari, Kamis (22/12).

Dia melanjutkan, anggota formatur yang terpilih tidak benar-benar merepresentasekan kepengurusan MUI. Jumlahnya bahkan tidak mewakili seluruh anggota yang mencapai seratus lebih orang. Sehingga tidak berhak secara penuh
menentukan pengurus baru.

“Anggota formatur ini hanya bisa menentukan calon yang akan dipilih.

Tetapi tidak secara otomatis mereka juga yang memilih dan menentukan siapa ketua dan pengurus baru,” imbuhnya.

Karena ketidakpuasan dirinya atas sistem pemilihan dalam Musda ini, mantan legislator Konut ini pun beranggapan bahwa Musda MUI harus digelar ulang. Pengurus yang lahir dari hasil pilihan anggota formatur, menurut dia, juga patut dibatalkan.

“Saya minta hasil Musda ini ditinjau ulang,” kuncinya.

Tak hanya sistim formaturnya, Agussalim juga menyorot Ibrahim Wekero yang terpilih sebagai ketua. Pasalnya, ketua hasil pemilihan ini tercatat sudah pernah memimpin MUI beberapa periode, tetapi peran MUI selama kepemimpinanya tidak terlalu nampak.

“Ini juga yang menjadi permasalahan. Dia ini sudah tujuh tahun memimpin MUI Konut. Tapi selama kepemimpinannya ini, peran MUI tidak
nampak,” tandasnya.

Sayangnya, pihak panitia pelaksana hingga formatur belum ada yang bisa dihubungi, untuk menanggapi pernyataan pihak Muhammadiyah ini. (k7/c/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top